21-25 Agustus, Ada Bazar UMKM di Kelurahan Babakan Pasar

img 20220823 wa0015

Bogor,–Dirgantara7.com | Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, warga RW.03 dan RW.08 Kelurahan Babakan Pasar menggelar acara bazar UMKM di Jalan Utama Lebak Pasar, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Bazar yang diikuti sekitar 30 stand berlangsung selama 5 hari, mulai 21 hingga 25 Agustus 2022 yang dibuka Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Senin (22/8/2022).

Dedie didampingi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bogor, Samson Purba, Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid dan Lurah Babakan Pasar, Hotlan John Meity beserta jajaran. Turut hadir Camat Bogor Timur yang pernah menjabat Lurah Babakan Pasar, Rena Da Frina.

Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid menuturkan, kegiatan bazar UMKM Kelurahan Babakan Pasar menunjukkan potensi yang dimiliki Kelurahan Babakan Pasar cukup banyak.

Untuk memaksimalkan potensi yang ada, para pelaku UMKM di Babakan Pasar bekerja sama dengan hotel yang ada di Babakan Pasar dalam membantu memasarkannya, dengan harapan mampu membantu perekonomian warga untuk bangkit dan berkembang.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengaku banyak melihat potensi UMKM dan warga di Kelurahan Babakan Pasar yang bisa dijadikan sebagai sentra kuliner. Dibutuhkan sentuhan-sentuhan dari perangkat daerah maupun para pihak terkait lain agar lebih estetik dan menguatkan potensi UMKM, salah satunya kuliner khas Babakan Pasar.

“Yang utama kita harus terus bersyukur atas kondisi yang kita jalani saat ini. Sudah lebih baik dan warga bisa beraktivitas lagi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Rasa syukur harus dipresentasikan dengan kegiatan yang menguatkan tema HUT RI ke-77, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat untuk mendukung percepatan dan pemulihan ekonomi disini. Sekarang waktunya kita bangkit setelah dua tahun kita semua terpuruk,” kata Dedie.

Dedie juga menyebutkan aparatur wilayah bersama perangkat daerah terkait serta pihak hotel, khususnya di kawasan Suryakencana terus berupaya membantu memasarkan potensi kuliner Babakan Pasar. Salah satunya adalah Kue Balok, kuliner khas Babakan Pasar yang banyak dicari wisatawan asing yang menginap di Hotel 1O1 Suryakencana.

“Balok paling empuk sedunia hanya ada di Babakan Pasar, yaitu kue balok yang menjadi salah satu khas kuliner Babakan Pasar,” ujar Dedie.

Selain itu Dedie meminta untuk menguatkan potensi yang ada, warga dan aparatur wilayah agar membuat buku yang menceritakan sejarah Babakan Pasar agar menjadi daya tarik tersendiri sehingga menarik minat wisatawan untuk datang.

Kepada Camat Bogor Timur yang pernah menjadi Lurah Babakan Pasar, Rena Da Frina juga diminta Dedie membantu warga Babakan Pasar untuk menularkan succes story dalam membangun Kampung Perca Sindangsari agar bisa di duplikasi, sehingga menambah potensi warga yang ada semakin kuat dan menjadi destinasi wisata di Kawasan Suryakencana.

Bazar UMKM ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan 17 Agustus 2022 di Kelurahan Babakan Pasar.

Untuk puncak kegiatan akan ditutup pada 27 Agustus 2022 dengan menggelar panggung gembira menampilkan atraksi seni budaya.

Usai meresmikan, Dedie bersama semua yang hadir, diantaranya perwakilan DPRD Kota Bogor, BUMD Kota Bogor dan pihak lainnya meninjau stand-stand bazar UMKM. (Dede hanapi)

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com