Benteng Hidup & Mati By: Prof Dr H Fernandiya.Ma.Mba Purwakarta.27-10-2021.

  • Bagikan

Dirgantara7.Com//Asalamualaikum saudara ku tercinta semoga kita smua selalu mendapat rahmat dari Allah Azza wajalla dan di akui umat rasullah muhammad saw.Aamiiin ya robbal alamin…

Saya tidak hanya berbagi pengetahuan materi , namun sedikit ilmu agama yg bermanfaat bagi kita.. kali ini saya akan memperkenalkan kepada saudara ku sekalian do’a yang sangat mujarab, yaitu Do’a jausyan kabeer Dari Alla SWT yang di turunkan kepada Nabi besar kita Rasulullah Muhammad SAW melalui perantara wahyu nya yaitu malaikat Jibril dalam suatu peperangan, dalam riwayat di sebutkan :

Imam Ali Zainal Abidin (sa) meriwayatkan dari ayahnya dari kakeknya dari Nabi saw, ia berkata: Ketika Nabi saw berada dalam salah satu peperangan, datanglah malaikat Jibril (as) kepadanya dan berkata: Wahai Muhammad, Tuhanmu menyampaikan salam untukmu dan berfirman: Pakailah Jausyan ini dan bacalah, doa ini akan menjadi pelindung bagimu dan umatmu.

Semoga rahmat ta’zhim Allah senantiasa tercurah kepada baginda Muhammad, seorang Nabi yang Ummiyin dan kepada keluarganya serta sahabat-sahabatnya.

Ini merupakan Benteng Agung yang diberi nama Hirzul Jausyan Al-Kabir Semoga Allah memberikan manfaat dengan Hizib ini kepada umat Islam, amiin.

Hizib ini memuat 1001 Nama (Allah). Diriwayatkan dari Ja’far Ash-Shadiq berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Hizib ini mengandung rahasia-rahasia agung yang tidak dapat dijangkau akal-pikiran”.

Diriwayatkan dari Amirul Mu’minin (Sayyidina Ali ibn Abu Thalib), radhiyallahu anhu wa karramallahu wajhah, berkata kepada putranya Al-Hasan: Wahai Putraku! Bersediakah engkau bila aku memberitahumu salah satu rahasia dari rahasia-rahasia kenabian?

Al-Hasan menjawab: Tentu, wahai Amirul Mu’minin

Doa Jawsyan Kabir adalah doa yang di dalamnya terdapat 1000 Asma Allah. Terdiri dari 100 pasal, dan setiap pasal terdapat 10 Asma Allah. Dalam pasal-pasalnya terdapat inti-inti doa yang dibutuhkan oleh setiap manusia: Doa perlindungan saat menghadapi bahaya, hajat dan rizki saat dihimpit kesengsaraan, ketenteraman dan kedamaian saat digoncang oleh badai kehidupan, dan lainnya.

Baca juga:  Kapolres Pimpin Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Muhammad Al-Baqi Polres Subang

Dalam hadis2 yang bersumber dari Ahlul bait Nabi saw disebutkan bahwa Doa Jawsyan kabir termasuk doa yang paling utama dibaca di malam Al-Qadar. Malam yang lebih baik dari 1000 bulan, malam penuh berkah, malam doa-doa didengar dan diijabah oleh Allah swt.

Dalam kitab Al-Baladul Amîn dan Al-Mishbâh disebutkan:
Imam Ali Zainal Abidin (sa) meriwayatkan dari ayahnya dari kakeknya dari Nabi saw, ia berkata: “Ketika Nabi saw berada dalam salah satu peperangan, datanglah malaikat Jibril (as) kepadanya dan berkata: Wahai Muhammad, Tuhanmu menyampaikan salam untukmu dan berfirman: ‘Pakailah Jawsyan ini dan bacalah, doa ini akan menjadi pelindung bagimu dan umatmu.” Beliau menyebutkan keutamaan doa ini, antara lain:

1. Jika teks doa ini dituliskan pada kain kafan, sang mayit akan diselamatan dari api neraka.
2. Jika dibaca dengan ikhlas di bulan Ramadhan, ia akan dikaruniai malam Al-Qadar, diciptakan baginya 70 ribu malaikat semuanya bertasbih kepada Allah swt lalu pahala dihadiahkan kepada yang membacanya.
3. Jika dibaca di bulan Ramadhan (3 kali), Allah swt mengharamkan jasadnya dari api neraka, mewajibkan baginya surga, dan mewakilkan kepada dua malaikat untuk menjaganya dari kemaksiatan dan dalam sepanjang hidupnya ia berada dalam pengamanan Allah swt.

Baca juga:  Siswi SMP Athirah 2 Bukit Baruga Makassar Berkreasi Membuat Video" Senam Athirah 2021" Di Batu Pake Gojeng Sinjai

Di akhir riwayat tersebut Al-Husein (sa) berkata: “Ayahku Ali bin Abi Thalib (sa) berwasiat kepadaku agar aku menjaga dan memuliakan doa ini, menuliskan pada kain kafannya, mengajarkan kepada keluargaku dan menganjurkan mereka agar membacanya. Doa ini terdiri dari seribu Asma Allah yang di dalamnya terdapat Ismul A zham.
Allamah Al-Majlisi, penulis kitab Bihârul Anwâr, kitab hadis yang terdiri dari 120 jilid. Dalam kitabnya Zâdul Ma’âd ia mengatakan: Doa Jawsyan Kabir sangat dianjurkan untuk dibaca pada awal bulan Ramadhan, terutama pada malam-malam Al-Qadar. Doa ini terdiri dari 100 pasal, setiap pasal terdapat sepuluh Asma Allah, dan setiap akhir pasal membaca:

سُبْحَانَكَ يَا لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ اَلْغَوْثَ اَلْغَوْثَ خَلِّصْنَا مِنَ النَّارِ يَا رَبِّ
Subhanaka ya la ilaha illa Anta alghawts-alghawts khallishna minan nari ya rabb.
Maha Suci Engkau, tiada Tuhan kecuali Engkau, lindungi kami, lindungi kami, lindungi kami, selamatkan kami dari api neraka ya Rabb.

Doa ini telah disyarahi oleh seorang ulama besar dan filosuf isyraqi yaitu Mulla Hadi Sabzawari. Dalam kitab syarahnya disebutkan tentang keajaiban doa ini. Semoga kita yang membacanya menemukan keajaiban doa ini sebagaimana yang disebutkan dalam kitab tersebut dan seperti orang-orang mukmin yang telah merasakannya.

Dan ini lah sanad dari Hizbul Jausyan yang di Indonesia :

1. NABI MUHAMMAD SAW.
2.  SAYYIDINA ALI BIN ABY THOLIB KWH.
3.   IMAM MAULANA HUSAIN AS.
4.   IMAM A`LI ZAINAL ABIDIN AS-SAJJAD
5.   IMAM MUHAMMAD BAQIR , berputra :
6.   IMAM JA`FAR SHODIQ
7.   IMAM A`LI U`ROIDHY
8.   IMAM MUHAMMAD NAQIIB
9.   IMAM I`SA AR-RUMY
10. IMAM AHMAD AL-MUHAAJIR
11. IMAM U`BAIDILLAH
12. IMAM A`LWI
13  IMAM MUHAMMAD
14. IMAM A`LWI TSANI
15. IMAM A`LI KHOLI` QOSAM
16. IMAM MUHAMMAD SHOHIB MARBATH HADRO MAUT
17. IMAM A`LWI TSALITS
18. IMAM ABDUL MALIK AZAMATKHON
19. IMAM ABDULLAH AZAMATKHON
20. IMAM AHMAD SYAH JALAAL AZAMATKHON
21. IMAM JAMAALUDDIN AKBAR AL-HUSAINI AZAMATKHON
22. IMAM IBRAHIM AKBAR AZAMATKHON
23. IMAM AHMAD RAHMATULLAH ( SUNAN AMPEL )
24. Sultan Alam Akbar Abdul Fattah (  Sultan Bintoro Demak ) Bin Raja Abdullah bin Imam Ali Nuril A`lam Azamatkhon
25. Tubagus pasai fathullah khan
26. Sultan Maulana Hasanuddin bin Sunan Gunung jati  Raden Syarif Hidayatullah
27. Sayyid Abdurrahman bin Umar Basyaiban
28. Syekh Sulaiman Mojo Agung Jombang
29. Syekh Ali Al-Akbar
30. Syekh Abdullah
31. Syekh Asror Karomah
32. Syekh Hamim
33. Syekh Abdul Lathif
34. Syekh Muhammad Kholil Bangkalan Madura
35. Syaikh Hasan Musthofa bin Utsman Mas Sastra Manggala Rhm.
36. K.H. Ahmad ٍSyujai Gudang Tasik Malaya Rhm.
37. K.H. Ahmad Syathibi bin Muhammad Sa`id Gentur Cianjur Rhm.
38. K.H. Muhammad Syafi`i  ( Mama Cijerah ) bin Muhammad Amin  ( Mama Eyang Pasantren )
39. K.H. Muhammad Thoha bin Muhammad Shoowi Cilengkrang Ujung berung Rhm.
40. Kang H.Muhammad Aby Sufyan bin Hasanuddin As-Sundawy.
41. Alhabib Asyyeh Ja’far Sodik Bin Husain Bin Yahya kendal jateng…
Tks wasalam bila mana ada kesalahan itu adalah kebodohan dari kami pribadi bila ada kebenaran hanya milik Allah.

Baca juga:  Kapolsek Compreng Giat Jumling Imbau Cipta Kondisi Kamtibmas yang Kondusuif

(Redaksi)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com