Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Bupati Garut : Penanganan Penyakit LSD Pada Ternak Sapi Akan Menjadi Perhatian Semua Pihak

buserdirgantara7
103
×

Bupati Garut : Penanganan Penyakit LSD Pada Ternak Sapi Akan Menjadi Perhatian Semua Pihak

Sebarkan artikel ini
Img 20230606 Wa0231

Garut, Buserdirgantara7.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan menyatakan, penanganan kasus Lumpy Skin Disease akan menjadi perhatian bagi pemerintah daerah. Hal ini diungkapkannya di hadapan awak media, di Kantor Bupati Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa – Barat. Selasa, ( 06/6/2023 ).

“Jadi kita sudah minta bantuan ke pemerintah pusat, ke provinsi tentang uji lab-nya itu, tiba-tiba budug we kan,” ucapnya.

Rudy mengungkapkan, bersama dinas teknis, khususnya menjelang Idul Adha, pihaknya akan melakukan upaya penanganan secara maksimal, agar kasus LSD ini bisa dikurangi khususnya di daerah sentra-sentra.

“LSD yang kemarin itu di Bayongbong, ada beberapa kecamatan yang sudah ada, dan kita belum menyatakan ini karena kita menunggu laporan, tapi kemarin ada 2 sapi yang LSD,” lanjutnya.

Selain itu, Rudy menerangkan bahwa pihaknya akan menyiapkan vaksin untuk hewan agar tidak terpapar LSD. Pihaknya sudah mengirim surat permintaan bantuan kepada Kementerian Pertanian untuk meminta ahli khusus ke Kabupaten Garut.

“Nah ini yang LSD ini memang masih sedikit, tapi saya tidak mau mengambil risiko, jadi sekarang ini kita sudah melakukan upaya untuk meminta bantuan, ini bagaimana cara kita mengatasi, termasuk kita vaksinnya itu,” kata Rudy.

Rudy mengatakan, penyakit LSD ini bersifat menular ke hewan ternak atau sapi yang lain. Menjelang Idul Adha ini, imbuhnya, banyak orang yang dari tiga bulan sebelumnya mengambil ternak sapi dari daerah lain.

“Hasil tracing itu, jadi ada sapi dari Jawa disatukan jadi budug di sini, padahal disitunya tidak budug, cuman dia itu LSD tapi tidak sembuh total,” ungkapnya.

Rudy memastikan, adanya kasus LSD ini bukan unsur kesengajaan, karena kasus ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Garut, melainkan karena adanya interaksi ternak dari daerah endemi ke daerah non endemi. ( Diky )

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458