Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Dinas PMD Kota Padangsidimpuan Memberi Edukasi Kepada Pengurus BUMDES untuk Membuat Laporan LPJ

buserdirgantara7
77
×

Dinas PMD Kota Padangsidimpuan Memberi Edukasi Kepada Pengurus BUMDES untuk Membuat Laporan LPJ

Sebarkan artikel ini
Img 20231121 Wa0185

Padangsidimpuan (Sumut) – Buser Dirgantara 7com.- Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Padangsidimpuan memberikan edukasi kepada Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BumDes) untuk membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) melalui pelatihan penyusunan LPJ BumDes di Aula MAN 2, Jl.Sutan Soripada Mulia, Padangsidimpuan.

Pelatihan Penyusunan LPJ BumDes yang digelar dari tanggal 20 sampai 21 November 2023 dibuka Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Padangsidimpuan Iswan Nagabe Lubis, S.Sos, MM, Senin (20/11) dan diikuti Direktur dan Bendahara BumDes se-Kota P.Sidimpuan dan Pendamping Lokal Desa.

Ketua Panitia, Tuty Erlina S.Sos menjelaskan dalam memberikan edukasi kepada pengurus Bumdes untuk menyusun LPJ dan pengembangan usaha yang dimiliki masing-masing desa, pihaknya menghadirkan Tenaga Ahli Pendamping Desa Hamid Silaen dengan materi Laporan Keuangan Bumdes

Kemudian Andriansyah Tanjung dari Inspektorat dengan materi pembinaan dan pengawasan, Muhammad Solah Siregar dari TAPM Padangsidimpuan dengan materi pendaftaran BumDes serta Kadis PMD Padangsidimpuan Lain Fahmi Siregar Ismail Fahmi Siregar S.Sos MSi dengan materi tentang pengelolaan BumDes.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Padangsidimpuan Iswan Nagabe Lubis, S.Sos MM mengatakan Bumdes memiliki peran penting dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian desa karena Bumdes yang dikelola dengan baik dan mampu berkembang akan memberikan devisa pada desa.

Untuk dapat mengembangkan usaha yang digeluti masing-masing BumDes, ucap Iswan, tentu harus didukung dengan kemampuan pengurus BumDes dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang modal awalnya bersumber dari Dana Desa. “Dukungan terhadap BumDes sangat penting agar dapat berkembang,” tuturnya.

Menurutnya, kendala yang dihadapi BumDes selama ini adalah kemampuan pengurus BumDes dalam mengelola usaha dan kurangnya dukungan terhadap Bumdes. “Saya berharap ke depan, Bumses di Padangsidimpuan sudah ada yang berkembang,” harapnya,

Kadis PMD Padangsidimpuan Ismail Fahmi Siregar S.Sos, MSi mengungkapkan pelatihan Penyusunan LPJ BumDes tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil monitoring dengan harapan ke depan ada keseragaman LPJ pengelolaan BumDes dari masing-masing BumDes yang terdapat di 39 Desa yang ada di Kota Padangsidimpuan

(Galung)