Berita  

Forum Masyarakat Madani (FMM-MKIA) dan Gema Setia Kecamatan Sragi – Pekalongan

logopit 1640445398717

Dirgantara7.Com//Pekalongan, Forum Masyarakat Madani yang terdiri dari berbagai Unsur sangat membantu Dinas Kesehatan dalam upaya menekan kematian ibu dan anak diKecamatan Sragi Kabupaten Kajen.

Hal ini diSampaikan saat berkegiatan diDesa Mrican Kecamatan Sragi, Ketua Forum Masyarakat Madani (FMM) Srinatun yang didampingi Camat Plt Trisulistyorini Rudi Sulaiman dan PKK kecamatan Sri Handayani serta diikuti semua Bu Kades seKecamatan Sragi, Sabtu (18/12).

“Strategi tetap bahwa FMM harus menyatu dengan Masyarakat. Kader FMM itu harus terjun ke lapangan kemudian mencari tahu masalah yang ada diMasyarakat, sebenarnya masalahnya tidak berubah itu-itu saja seperti kesadaran masyarakat yang masih rendah, fasilitas kesehatan, tentang gizi, Prilaku sehari-hari serta Sumber Daya Manusia (SDM) itu sama permasalahan di16 desa 1 kelurahan,” jelasnya Ketua FMM.

Permasalahan yang diambil laporan ini adalah permasalahan dengan Resiko tinggi (Resti) pada Ibu Hamil dengan Kekurangan Energi Kronik (KEK). Dalam Program Perbaikan gizi Makro menyatakan bahwa kurang Energi Kronik merupakan keadaan dimana Ibu kekurangan makanan yang berlangsung menahun ( kronis) yang mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan pada Ibu, KEK terjadi pada Wanita Usia Subur (WUS) serta pada Ibu Hamil (Bumil).

“Forum Masyarakat Madani diadakan untuk mengurangi dan menangani angka kematian Ibu dan Anak, maka dibentuk FMM, MKIA dan Gema Setia tahun 2018 yang beranggotakan Seluruh Kader PKK seKecamatan Sragi dengan kegiatan sebulan sekali Sabtu Pekan ketiga untuk tempat muter sekecamatan bisa juga untuk kenal dan ajang silatirahim antar kader PKK,” imbuhnya .

“Kegiatan ini kader PKK yang tergabung diFMM juga membagikan Dansos kepada Bumil Resti KEK yang kurang mampu atau yang membutuhkan dimasing- masing desa seKecamatan Sragi berdasarkan bantuan dari PKK Kecamatan Sragi, Upk Manis Sragi, Paguyuban Prajakusuma, serta dana bantuan desa masing- masing dan juga dana tabung Jama’ah Yasin yang disalurkan kedesanya,” paparnya kader PKK.

Setiap pertemuan diisi materi dari Bidan desa Puskesmas Sragi 1 dan 2 sebagai Nara Sumber dengan saling berinteraksi atau sesi tanya jawab bersama anggota FMM, atau Kader PKK

“Semoga kedepan FMM, MKIA dan Gema Setia bisa tetep eksis berkegiatan diKecamatan Sragi dan bisa menjadi percontohan dikecamatan lain diKabupaten Kajen atau Kota Pekalongan,” pungkasnya Taripah Pengurus dan Kader FMM,PKK Kecamatan Sragi.

(SBR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com