Hari Pelanggan Nasional, Bima Arya Test Drive Mobil Listrik

IMG-20220922-WA0034

Bogor,–Dirgantara7.com | PT PLN (Persero) menggelar peringatan Hari Pelanggan Nasional Tahun 2022 di Taman Ekspresi Sempur, Kota Bogor, Rabu (21/9/2022).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Manager PLN UP3 Bogor, Irwanto Wahyu Kusumo melakukan test drive mobil listrik Hyundai Kona.

Menurut Bima Arya, mobil listrik merupakan mobil masa depan yang nyaman dan nyaris tidak ada suaranya.

“Lajunya cukup kencang dan interiornya terasa comfort (nyaman),” katanya usai test drive.

Dia menyatakan, saat ini sedang memasuki ‘pancaroba’ atau perubahan dari kebiasaan lama kepada kebiasaan baru. Pancaroba yang dimaksud adalah pemerintah pusat melalui presiden memberikan instruksi agar pejabat dari seluruh daerah secara bertahap menggunakan mobil listrik.

“Insya Allah Kota Bogor menjadi yang lebih dulu. Mudah-mudahan tahun ini akan ada mobil operasional listrik dan untuk mendukungnya kita membutuhkan sistemnya. Apresiasi saya untuk PLN atas kerja keras mensosialisasikan kebiasaan baru menggunakan listrik, diantaranya alat memasak maupun kendaraan listrik,” katanya.

Selain itu, Pemkot Bogor akan segera melakukan MoU dengan salah satu pihak terkait penyediaan sepeda listrik yang bisa digunakan warga untuk berkeliling Kota Bogor dengan tarif yang terjangkau dan bersahabat.

Hal ini kata Bima Arya, menjadi ikhtiar bersama dalam menjemput masa depan yang lebih cerah dan sejahtera.

Untuk mendukung ikhtiar tersebut, Bima Arya mengajak PLN untuk bersama-sama memasuki babak baru, menjemput masa depan di Kota Bogor dengan menggunakan transportasi publik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, seperti mobil listrik.

“Aparatur pemerintah menjadi yang terdepan menggunakan mobil listrik karena tidak terlepas dari alokasi anggaran yang disediakan, selain tentunya mengikuti instruksi presiden. Bagi warga yang sudah mampu dan memungkinkan saya menghimbau dan mengajak secara bertahap untuk beralih menggunakan mobil listrik, jika sudah terjangkau tentunya akan lebih masif lagi,” ungkapnya.

Dalam perayaan puncak peringatan Hari Pelanggan, PLN UP3 Bogor menggandeng pihak-pihak lain untuk memamerkan berbagai produk yang menggunakan listrik. Diantaranya kompor induksi, mobil listrik hingga sepeda dan motor listrik.

Manager PLN UP3 Bogor, Irwanto Wahyu Kusumo menyatakan, penggunaan produk atau barang menggunakan listrik sejalan dengan target pemerintah terkait Net Zero Emission atau nol emisi karbon pada tahun 2060.

“Dalam hal ini kami ditugaskan untuk membangun infrastruktur dalam menuju street energy pada tahun 2050. Penggunaan kompor induksi untuk memasak diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat mengingat harga LPG yang meningkat, apalagi sekarang harga BBM lagi ramai karena kenaikan harga,” katanya.

Dia menekankan, menjadi tugas PLN untuk mendukung program pemerintah dan percepatan perubahan kendaraan BBM kepada kendaraan listrik. Khusus untuk Kota Bogor, pihaknya akan mempersiapkan infrastruktur charging station atau stasiun pengecasan.

“Yang sudah dipetakan adalah Istana Kepresidenan Bogor, dimana Bapak Presiden dan Paspampres sudah memiliki kendaraan listrik untuk pengawalan, jadinya wajib. Titik selanjutnya sesuai survei bersama Wali Kota Bogor adalah di Alun-Alun Kota Bogor,” sebutnya.

Dalam memeriahkan acara digelar senam bareng dan lomba memasak menggunakan kompor induksi yang diikuti 22 peserta, diantaranya perwakilan Grand Savero Hotel, Hotel 1O1, SMK Perwira Bangsa, perwakilan TP PKK Kota Bogor, ibu rumah tangga, perwakilan Ibu Bhayangkari Polresta Bogor Kota dan lainnya. (Dede hanapi)

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com