Berita  

Imigrasi Lhokseumawe Kawal Pendaratan Dan Evakuasi Etnis Rohingya

img 20211231 wa0056

Dirgantara7Com//Lhokseumawe Kepala Kantor Imigrasi Lhokseumawe Bapak Fauzi, didampingi oleh Pejabat struktural dan pegawai mengawal proses kedatangan etnis rohingya di Pelabuhan Asean Krueng Geukueh Aceh Utara./31/12/2021

Kapal etnis rohingya sebelumnya ditemukan oleh nelayan sekira 67 mil laut di perairan internasional dekat di wilayah perairan Bireuen Aceh.

Fauzi menyampaikan, atas dasar kemanusiaan, pada hari Kamis (30/12/2021), dilakukan penarikan kapal etnis rohingya tersebut oleh KRI Parang milik TNI Angkatan Laut. KRI Parang tiba dan merapat di Pelabuhan Asean pada Jumat (31/12/21) sekira pukul 00.00 WIB dan diterima oleh UNHCR. Setelah dilakukan penyemprotan disinfektan penegakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus covid 19 oleh instansi kesehatan terkait, selanjutnya etnis rohingya dibawa dengan 4 bus yang difasilitasi oleh IOM menuju eks Balai Latihan Kerja Lhokseumawe yang dijadikan sebagai lokasi penampungan sementara etnis rohingya ini.

“Jajaran Imigrasi Lhokseumawe melalui Kasi Inteldakim dan Tim terus melakukan pengawasan dalam rangka penegakan hukum keimigrasian terhadap orang asing khususnya etnis rohingya ini.”

Pendataan sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 dilakukan setelah melalui serangkaian proses screening kesehatan oleh pihak terkait dan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid 19.

Selanjutnya Fauzi menyampaikan bahwa dalam pendataan awal hingga saat ini, tercatat terdapat sebanyak 8 orang laki – laki dewasa, 50 orang perempuan dewasa, dan 47 orang anak – anak, dengan jumlah total pengungsi adalah sebanyak 105 orang.

Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Red/Rid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com