momoccx

Iptu.Pol.Irwanta Sembiring Sang Pemberantas Narkoba Kini Menjabat Kanit Reskrim Polsek Delitua, Layak Dipromosikan

  • Bagikan
img 20220328 wa0006

Dirgantata7.Com//MEDAN || Menjadi perwira terbaik di Jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) adalah impian banyak pemuda-pemudi bangsa Indonesia. Setiap tahun, Polri membuka kesempatan bagi puta-putri terbaik bangsa, untuk dididik menjadi calon perwira dan embrio pemimpin bangsa kelak ke depan.

 

Adalah sosok perwira muda di Jajaran Polrestabes Medan Polda Sumut, Iptu Irwanta Sembiring SH MH. Ia saat ini mendapat kepercayaan dari pimpinan Polrestabes Medan Polda Sumut untuk diangkat dalam jabatan baru menjabat sebagai PS Kepala Unit Reskrim di Polsek Delitua jajaran Polrestabes Medan Polda Sumut pasca menjabat sebagai Kanit Idik III Satresnarkoba Polrestabes Medan.

 

Perwira muda Polri yang energik dan bersahaja serta terbilang memiliki predikat baik dalam mengemban tugas di dunia kepolisian sebagai pengayom pelindung dan juga sebagai pelayan masyarakat yang beramanah ini, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Iptu Irwanta Sembiring. Ia berprinsip bahwa tantangan kedepan adalah kehadiran Polisi semakin didambakan dan dicintai masyarakat suatu keniscayaan, khususnya dalam mewujudkan Polri yang Presisi sesuai arahan dan petunjuk dari petinggi Polri yakni bapak Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si maupun amanah dari pimpinan Polda Sumut saat ini yaitu bapak Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak M.Si.

 

Guna mengenal lebih dekat sosok alumni PK SEMABA lulusan tahun 1997/1998 itu, awak media, Mario Oktavianus Sinaga SH, Sabtu (26/03/2022), mencoba ingin mengenal dan menggali lebih dalam kehidupan pria kelahiran Sumut 27 Agustus 1976 tersebut. Dalam wawancara secara eksklusif di Medan, tampak Iptu Irwanta Sembiring begitu inspiratif, bersahaja, dan penuh canda tawa serta sangat terkesan penuh keakraban dalam persaudaraan antar sesama mitra yang baik.

 

Tidak menutup kemungkinan, Irwanta bisa dijadikan inspirasi, khususnya bagi para kawula muda yang berminat ingin menjadi anggota Polri. Dengan latar belakang keluarga yang begitu sederhana serta lingkungan rumah dan keluarga yang bersahaja, Irwanta Sembiring yang merupakan anak seorang petani akhirnya bisa meraih predikat terbaik lulusan Setukpa Lemdikpol Sukabumi tahun 2014.

 

“Memang saya bercita cita ingin menjadi Polisi sejak dari kecil,” ucapnya penuh tawa.

 

Suami dari Jenni Serrimuliana Peranginangin yang juga diketahui merupakan seorang ayah anak satu ini, memiliki konsistensi tinggi dalam berkomitmen untuk memilih Polisi sebagai jalan pengabdian hidupnya.

 

“Sejak kecil saya telah lama bercita-cita untuk menjadi seorang anggota Polri. Berawal dari terobsesi sebagai seorang Perwira Polri, meskipun sebagai anak seorang petani, tidak mengurungkan niat saya untuk menggapai impian dalam mengadu nasib. Orangtua saya hanyalah seorang petani. Dulu, sepulang sekolah saya selalu membantu orang tua bertani di ladang, meskipun demikian saya tetap fokus pada impian saya untuk menjadi anggota Polri,” sebut Iptu Irwanta Sembiring yang berprinsip bahwa tugas sebagai Anggota Polri adalah tugas yang sangat mulia.

Baca juga:  Izin HKM Terbit, Wabup Imbau Warga Bonto Paham Pengelolaan Hutan

 

Lelaki muda yang piyawai dalam bernyanyi dan memiliki cacatan karir terbilang cukup gemilang ini mengaku bahwa setelah lulus dari perwira polisi tahun 2014, ia langsung memulai karirnya dan dipercaya sebagai Panit Reserse Polsek Medan Timur selama 1 tahun 3 bulan sejak 2014.

Berkarir dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab, Irwanta Sembiring kemudian dipercaya sebagai Panit Reserse Polsek Percut Seituan selama 8 bulan sejak 2016 dan selanjutnya sebagai Panit Reserse Polsek Sunggal selama 6 bulan sejak 2017.

 

Tidak berselang lama, ia kemudian dipercaya sebagai Kanit Intelkam Polsek Medan Kota selama 3 bulan sejak 2017, hingga dipercaya kembali menjabat sebagai Panit Reserse Polsek Medan Area selama 6 bulan di tahun 2018 sampai menjadi Panit PPA Satreskrim Polrestabes Medan selama 4 bulan sejak 2018 serta menjabat sebagai Kaur Mintu Satresnarkoba Polrestabes Medan selama 7 bulan sejak 2018.

 

Seiring berjalannya waktu, Perwira Polisi muda ini juga masih dipercaya Pimpinan Polri untuk bertugas di kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia untuk menjabat sebagai Panit 1 Unit 3 Satresnarkoba Polrestabes Medan selama 1 tahun 2 bulan sejak 2019 hingga diangkat menjadi Kanit Unit 3 Satresnarkoba Polrestabes Medan selama 1 tahun 9 bulan lamanya sejak 2020 sampai 2022.

 

Tanggungjawab dan kepercayaan pimpinan keniscayaan dan harus dijaga. Akhirnya, Iptu Irwanta Sembiring SH MH saat ini telah diangkat dalam jabatan barunya menjabat sebagai Kepala Unit (Kanit) Reskrim Polsek Delitua oleh Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK yang tertuang melalui Surat Telegram Kapolrestabes Medan dengan Nomor : Kep/21/III/2022/tanggal 19 Maret 2022 tentang pemberhentian dari/dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polrestabes Medan. Surat Telegram Kapolrestabes Medan tersebut ditandatangani oleh Wakapolrestabes Medan, AKBP Yudhi Heri Setiawan pada tanggal 19 Maret 2022.

Hal ini tentunya merupakan sebagai salah satu tonggak sejarah perdana yang pernah ada di jenjang karir seorang Iptu Irwanta Sembiring, yang telah dipercaya pimpinan untuk menjabat sebagai Kanit Reskrim di jajaran Polsek.

 

“Benar, mutasi di lingkungan Polri adalah hal biasa untuk keperluan dan kebutuhan agar dapat berjalan dengan baik demi kelancaran roda organisasi Polri. Mohon doa restu serta dukungan dari para rekan-rekan kerjaku di tempat yang baru dan teristimewa bagi para mitraku sekalian yang saya cintai dan banggakan, serta terkhususnya masyarakat sekitar agar dapat membantu saya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab ini sebagai amanah dari pimpinan untuk saya dapat bertugas dengan baik menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Delitua saat ini,” ungkap Iptu Irwanta Sembiring.

 

Perwira tahun 2014 ini pun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pimpinan saat ia bekerja sebagai Kanit Idik III di Satresnarkoba Polrestabes Medan dan berharap selalu yang terbaik pada institusinya.

 

Baca juga:  Zee Mernissi, Gadis Gayo Rilis Lagu Aceh Sentuhan Musik Indie

“Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan kerja yang selama ini telah banyak membantu saya dalam menjalankan tugas di Satresnarkoba Polrestabes Medan. Dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih atas kepercayaan dari pimpinan kepada saya selama ini dan saya siap melaksanakan tugas yang baru dengan penuh rasa tanggung jawab,” janjinya.

Ketika ditanya bagaimana langkah dan cara untuk bisa menjalin komunikasi yang baik ke masyarakat dan pimpinan, Irwanta Sembiring yang diketahui merupakan tamatan Magister Hukum Kenegaraan dari Universitas Pembangunan Panca Budi alumni 2016 ini berujar, bahwa dirinya selalu mengedepankan kordinasi dan kerjasama serta bersinergi bersama semua stake holder (pembuat kebijakan).

 

“Prinsipnya sebagai Polisi yang baik, untuk menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman, kita harus selalu menjaga komunikasi dengan sesama rekan kerja secara baik. Peduli dan peka terhadap teman sejawat dan bawahan, juga berkordinasi serta mengedepankan kerjasama dengan bersinergi bersama semua stake holder (pembuat kebijakan) maka semuanya akan dapat berjalan dengan baik,” ujar Iptu Irwanta Sembiring.

 

Perihal visi dan misinya sebagai anggota Polri, ia tegas berujar bahwa adapun visinya untuk mengabdi kepada Negara Bangsa dan Masyarakat sebagai Polisi yang baik. Dengan misi berusaha menjadi pelindung dan pengayom bagi masyarakat.

 

“Keinginan saya adalah menjadi sosok polisi yang dekat dengan masyarakat, serta mampu melaksanakan tugas pokok dengan sebaik-baiknya sesuai amanah,” harapnya.

 

Saat disinggung tentang hoby nya, pria berdarah Batak Karo ini mengaku sangat menikmati ketika ia mendengarkan musik dan bernyanyi. Iapun mengaku memiliki jiwa seni didalam dirinya serta membuatnya bisa bahagia serta rile.

 

“Dengan menyanyi membuat saya dapat melatih naluri dan kepekaan terhadap lingkungan. Saya juga suka bermain tenis, sepakbola, futsal dan bersepeda serta main golf,” ucapnya bahwa hobbi itu merupakan obat yang mujarab untuk sebagai pelepas penat setelah bekerja dan melahirkan pemikiran yang positif.

 

Sebelum mengakhiri sesi wawancara, ketika diminta untuk menyampaikan apa yang paling membahagiakan sebagai seorang Abdi Negara dan Masyarakat, dengan senyum nan penuh humanis ia menjelaskan, bahwa dirinya sebagai seorang polisi harus bisa menjadi sosok yang diteladani ditengah-tengah masyarakat dan dihormati serta bisa langsung membantu dan melayani masyarakat itu sendiri khususnya dalam memberantas peredaran narkoba.

“Narkoba musuh kita bersama, Narkoba sangat meresahkan masyarakat, dan Narkoba sebagai perusak moral generasi muda bangsa Indonesia ini harus bisa kita berantas hingga ke akar-akarnya!! ,” ucapnya dengan tegas sembari memaparkan keberhasilan nya dalam pengungkapan kasus Narkoba selama ia menekuni dunia reserse di jajaran Polrestabes Medan.

Hal itu terbukti dari prestasi yang telah diraihnya dalam pemberantasan Narkoba yang membuat dirinya cukup disegani dalam penanganan kasus Narkoba. Upaya dirinya selaku Polisi sebagai lembaga penegak hukum dalam mencegah dan memberantas tindak pidana Narkotika di wilayah hukum Polrestabes Medan dapat dilihat dari kinerjanya bersama anggotanya yang secara aktif baik terbuka maupun tertutup, sembari melakukan kerja sama dengan instansi-instansi lainnya dan masyarakat dalam memutus mata rantai peredaran Narkotika.

Baca juga:  Kejati Sumut Salurkan Hewan Kurban 9 Ekor Sapi dan 2 Ekor Kambing

Adapun pengungkapan berbagai kasus besar khususnya tindak pidana Narkotika yang berhasil ditangani oleh sosok Iptu Irwanta Sembiring SH MH diantaranya sbb :
1. Pengungkapan Narkoba jenis Ganja Kering sebanyak 1 Ton 60 Kg pada 17 Oktober 2015, sewaktu menjabat sebagai Panit Reskrim Polsek Medan Timur.
2. Pengungkapan Narkoba jenis Sabu sebanyak 40 Kg yang dikemas dalam bungkus Teh Cina merek Guanyinwang pada 28 April 2021.
3. Pengungkapan Narkoba jenis Sabu sebanyak 30 Kg pada 1 Desember 2020, dalam hal ini satu dari beberapa tersangka melawan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur (MD).
4. Pengungkapan Narkoba jenis Sabu sebanyak 22 Kg pada 20 Oktober 2021.
5. Pengungkapan Narkoba jenis Sabu sebanyak 5 Kg pada 29 September 2020, dalam hal ini satu dari 6 orang tersangka melawan sehingga dilakukan penindakan tegas dan terukur (MD).
6. Pengungkapan Narkoba jenis Sabu sebanyak 18 kg sabu pada 3 Oktober 2020, dalam hal ini Tersangka saat ditangkap melawan, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur (MD).
7. Pengungkapan Narkoba jenis Sabu sebanyak 26,9 Kg pada 14 Januari 2021, dalam kasus ini satu dari para tersangka melawan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur (MD).
8. Pengungkapan Narkoba jenis Sabu sebanyak 11,4 Kg dan 15 Kg Ganja Kering pada 29 November 2021.
9. Pengungkapan dalam penggrebekan Kampung Narkoba (GKN) berhasil mengamankan 11 orang tersangka, bersama sejumlah paket Sabu dan Ganja Kering, beserta 17 mesin jackpot, pada 9 Februari 2022.
10. Pengungkapan kasus Narkoba jenis Sabu sebanyak 10 Kg pada 12 Maret 2022
11. Pengungkapan kasus Narkoba jenis Sabu sebanyak 10 Kg pada 13 Maret 2022.
12. Pengungkapan kasus Narkoba jenis Sabu sebanyak 30 Kg dalam operasi gabungan pada 16 Maret 2022.

Dan masih banyak lagi yang telah berhasil diungkap oleh Iptu Irwanta Sembiring dalam kasus pemberantasan Narkoba jenis Sabu yang perhitungan nya berukuran Kilogram.

Selanjutnya Iptu Irwanta Sembiring yang diketahui selaku anak pertama dari sembilan bersaudara ini menyampaikan dengan berkelakar, bahwa kelak adapun cita-cita dan impian nya adalah menjadi orang nomor satu di Korps Kepolisian Resort Kota Medan, agar dapat membangun Polri secara lebih baik lagi kedepannya khusus nya di daerah tempat tinggalnya tersebut saat ini.

 

“Saya menyimpan impian untuk ingin menjadi Kapolrestabes Medan, supaya bisa membangun Polri secara lebih baik lagi kedepannya, cita-cita kan boleh saja, bagaimana pun proses dan waktu yang akan menjawabnya nanti,” tutup Irwanta Sembiring bekelakar.

(Sabarudin)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com