Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Polisi

Jamin Keamanan Pelaksanaan Ibadah Natal, Polres Tuban Sterilkan Sejumlah Gereja

buserdirgantara7
78
×

Jamin Keamanan Pelaksanaan Ibadah Natal, Polres Tuban Sterilkan Sejumlah Gereja

Sebarkan artikel ini
Img 20231224 Wa0157

Tuban – Buserdirgantara7.com Sebelum digunakan untuk kegiatan ibadah Natal, jajaran Kepolisian Resor Tuban melaksanakan sterilisasi terhadap sejumlah gereja yang ada di kabupaten Tuban.

 

Kegiatan sterilisasi dilakukan oleh tim khusus dari Satuan Samapta Polres Tuban dipimpin Kasat Samapta AKP Chakim Amrullah, S.H., M.H., di sejumlah gereja dengan menggunakan sejumlah alat deteksi benda logam dan mirror, Minggu (24/12/2023) sore.

 

Sedikitnya ada 4 gereja di wilayah kota yang melaksanakan kebaktian hari ini, di Gereja Kristen Jawa dijalan Basuki Rahmat sejumlah anggota dari Sat Samapta Polres Tuban yang dibekali peralatan pendeteksi logam digunakan untuk mendeteksi memeriksa setiap sudut-sudut ruangan kemungkinan adanya bahan berbahaya yang ada di dalam maupun luar gereja.

 

Selain di Gereja Kristen Jawa, petugas juga melaksanakan sterilisasi di dua gereja lainnya yakni di Gereja Santo Petrus di jalan panglima Sudirman serta Gereja Kristen Indonesia yang terletak di jalan Yos Sudarso serta Gereja Pantekosta.

 

Usai kegiatan AKP Chakim mengatakan kegiatan sterilisasi dilakukan dua jam sebelum ibadah dimulai untuk memastikan gereja dalam keadaan steril dan aman untuk digunakan perayaan ibadah natal selain dilakukan sterilisasi ke sejumlah gereja juga akan dilakukan pengamanan selama kegiatan Natal berlangsung.

 

“Sedikitnya ada 4 gereja yang kita lakukan sterilisasi hari ini, selain itu Kita juga sudah ploting anggota untuk melaksanakan Pengamanan” Ucapnya.

 

Usai dilakukan sterilisasi kemudian dibuatkan Berita Acara dan status quo aman untuk diserahkan kepada perwira pengendali keamanan maupun scurity Gereja untuk selanjutnya dilakukan pengamanan oleh personel yang sudah terploting.

 

Sementara itu di tempat terpisah Kapolres Tuban AKBP Suryono, S.H , S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa sterilisasi yang dilaksanakan oleh jajarannya merupakan prosedur yang harus dilaksanakan untuk memberikan rasa aman terhadap jamaah gereja yang akan melaksanakan ibadah Natal.

 

“Kita pastikan keamanan gereja sehingga para jamaah bisa merasa nyaman tanpa rasa khawatir saat melaksanakan ibadah” ucap Suryono. ( Hms pol Tbn )