Kanwil Aceh Tingkatkan Perekonomian Melalui Pendaftaran Secara Online Hanya Rp 50.000 Bisa Mendapatkan Perusahaan

  • Bagikan

Buserdirgantara7.com// LHOKSEUMAWE — Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Wilayah Aceh Adakan Sosialisasi Perseroan Perorangan yang memenuhi kriteria untuk UKM pada Senin (25/10/21). Pembukaan Kegiatan yang diselenggarakan secara langsung yang bertempat di Hotel Diana Lhokseumawe. Aceh.

Hadir dalam acara kegiatan Sosialisasi Kalapas Kelas IIA Lhokseumawe H.Nawawi, perwakilan Kantor Imigrasi Kelas’II TPI Lhokseumawe, dan Kepala Disperindagkop Pemko Lhokseumawe”, kegiatan tersebut juga dihadiri para pelaku UKM dari Kota Lhokseumawe sekitarnya.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum (Yankum) dan HAM Kantor Kemenkumham Wilayah Aceh, Sasmita menjelaskan hal tersebut pada acara Sosialisasi Perseroan Perorangan kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Senin (25/10) di Lhokseumawe.

Dalam kesempatan itu, Sasmita menejelaskan, pentingnya badan hukum untuk pelaku UKM. Oleh karena itu, perseroan perorangan yang berstatus sebagai badan hukum dapat menjadi solusi bagi para pelaku UKM tersebut.

Baca juga:  Sowan ke Kapolri. Dirjen Biacukai Naikka BNPT

” Selain itu, perseroan perorangan sangat mudah sebab tidak memerlukan akta notaris tetapi cukup dengan mengisi Form pernyataan pendirian secara elektronik melalui aplikasi Khusus yang kami luncurkan” ucap Sasmita.

Perseroan Perorangan merupakan jenis badan hukum baru yang diatur dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.
Dengan adanya perseroan perorangan tersebut,maka pelaku usaha dalam hal usaha mikro dan kecil, dapat membentuk perseroan terbatas yang pendirinya cukup 1 (satu) orang.

Cipta kerja mengubah rezim pengesahan menjadi rezim pendaftaran, termasuk bagi perseroan perorangan, jadi status badan hukum perseroan perorangan diperoleh setelah mendaftarkan pernyataan pendirian secara elektronik dan mendapatkan tanda bukti pendaftaran.

Tentang perkembangan UKM setelah mendapatkan status menjadi sebuah perusahaan, Biaya yang diperlukan untuk mendirikan perseroan perorangan cukup sangat terjangkau, yaitu hanya dengan membeli Voucher Rp 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah).warga sudah bisa mengurus perusahaan Secara Online, bebes menentukan besaran modal usaha.

Baca juga:  Kapolda Sumut Menindak Tegas Oknum Polantas Pukuli Pelanggar Lalu Lintas

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Sasmita juga menjelaskan tentang cara pendaftaran secara online. Pelaku UKM hanya perlu memiliki akun email dan NPWP dari kantor pajak.

Pelaku UKM yang belum memiliki akun email dan NPWP, juga dipermudah dengan disediakan link ke web pengurusan NPWP secara online. “Hanya dengan membeli voucher Rp50.000, saat ini juga bisa mendapatkan perusahaan,” tegas Kadiv Yankum dan HAM kembali.

Sosialisasi Perseroan Perorangan, menurut Sasmita dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui perkembangan UKM. Ketika sejumlah perusahaan besar bangkrut karena kondisi pandemi, ternyataa UKM mampu bangkit.

” Sebagai mana diketahui dampak pendemi Covid-19 dirasakan oleh seluruh sektor dan jutaan tenaga kerja menjadi pengangguran akibat terkena pemutusan Hubungan Kerja, Karena pandemi Covid-19″,Perusahaan-perusahaan besar kolaps, justru UKM ini eksis, sehingga pemerintah melirik ke sana,” jelas Sasmita.

Baca juga:  Forkopimda Kab Gowa Menghadiri Launching Sulsel Kebut Vaksinasi Covid-19 Melalui Meeting Zoom Di Aula Kantor Camat

Dia juga menjelaskan dipilihnya Kota Lhokseumawe sebagai sasaran sosialisasi pengurusan Perusahaan Perorangan. Menurutnya, Lhoksemuawe memiliki jumlah UKM terbesar di Provinsi Aceh. Sesuai dengan sistem data online, jumlah UKM Lhokseumawe mencapai 11.400 usaha. Sementara UKM diseluruh Indonesia sejumlah 6.000.500 usaha.

(Ridwan)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com