Kegiatan Ormas Setala Di Longgarkan PPKM Di Kabupaten Pamalang

  • Bagikan
img 20211116 wa0012

Dirgantara7.com//KABUPATEN PEMALANG sebagai Kota IKHLAS yang sudah sedikit melonggarkan PPKM. dengan PPKM level 3 yang d longgarkan membuat Sosial ,Ekonomi mulai menggeliat.serta tidak ketinggalan kegiatan ORMAS ( organisasi masyarakat ) Mulai menggeliat pula. Iven Kegiatan mulai di galakkan serta di selenggarakan walau pun dengan prokes ( protokol kesehatan ) yang cukup ketat. Dengan PPKM yang di longgarkan masyarakat mulai mengagendakan kegiatan keagamaan dengan prokes ketat. Dengan Pencapaian prosentase (%) pencapaian vaksinasi yang di jalankan dengan hasil yg cukup signifikan bagus.di seluruh kecamatan seKab. Pemalang sehingga perijinan untuk masyarakat mulai mengagendakan & melaksanakan kegiatannya.

Hari ini minggu 14 november 2021 Tim Buser Dirgantara 7 Menemui salah satu Komandan BANSER ( Barisan Ansor serbaguna ) di wilayah anakcabang Ampelgading Beliau adalah Ndan RADI.
Banser adalah Badan otonom di bawah Bendera organisasi NAHDLATUL ULAMA, Banser juga di sebut TNU ( Tentaranya Nahdlatul Ulama ).

KOMANDAN RADI atau biasa di sapa mbah Radi, Beliau adalah Personil Banser di Pemalang tepatnya di Ancab Ampelgading. beliau menjabat sebagai KASATKORKEL ( Kepala Satuan Kordinasi Kelompok ) beliau membawahi kurang lebih 50 an personil Banser di Ranting nya.dengan di longgarkan PPKM di wil. Pemalang & khususnya di Ampelgading beliau mulai melakukan agenda- agenda kegiatan KeBanseran dengan mematuhi protokol kesehatan .

NDAN RADI (Pangilan di Banser ) sudah tidak Muda lagi, beliau sudah Menginjak Umur 65 tahun tapi Semangat Mengabdi & Berkhidmad kepada Organisasi NU maupun kepada ulama tak di ragukan lagi.
Mbah Radi ( panggilan akrabnya ) menjadi suritauladan bagi Banser – banser muda di bawah kepimpinanya serta totalitas keloyalan & kedisiplinanya membuat beliau di hormati baik senior maupun yuniornya.

Baca juga:  Kapolres Gowa Serahkan Zakat Fitra Personil Polres Gowa Dan Batuan Kepada Panti Asuhan

Saat di temui di Rumahnya di Desa losari kecamatan Ampelgading beliau memceritakan ” menjadi Banser itu tidak gampang, banyak pengorbanan serta memang panggilan dari hati.agak berat memang menjadi seorang Banser,segala sesuatunya di persiapkan dan di lakukan sendiri.tidak mengharapkan bayaran atau pun gajih apalagi pensiun.hanya yang d harapkan Keberkahan,Ridhonya.serta bisa dekat dengan para ulama atau para kiyai itu yang bisa membuat jiwa tenang, tentram.
Di Banser juga bisa mengabdi untuk negeri,berperan aktif dalam melaksanakan Nilai – nilai Kebangsaan “.ucapnya

“Di Banser corp Baret hitam itu bisa menjadi kebangaan,serta bisa menjadi hiburan, trus bisa juga menjadi ajang silaturahmi red. Bisa mempunyai sahabat -sahabat tanpa batasan Umur, bisa saling suport antar personil serta menjadi keluarga besar yang selalu dapat pencerahan dari para mubalig & ulama di NAHDLATUL ULAMA. Bisa juga menimba ilmu keagamaan sekaligus berkitmad di dalam organisasi ” .katanya

Lebih mudah mengenali sosok ndan / mbah Radi di dalam Personil Banser Pemalang. Biasanya Banser memakai Baret hitam tetapi tidak dengan beliau.Dia biasa memakai BLANGKON ( topi adat jawa ) berwarna hitam.
Tim BD7 menanyakan kenapa Banser kok pakai Blangkon bukan Baret, beliau menjawab dengan enteng ” biar njawani ” dengan ketawa lebarnya.memang sosok mbah / ndan Radi ini periang orang nya seperti tanpa beban dalam hidupnya.

Baca juga:  Kejaksaan Negeri Nias Selatan Musnahkan Barang Bukti Perkara Yang Sudah Incrah.

Mbah Radi mengagumi tokol lokal yang mendunia.Sang fenomenal Putra sang fajar atau lebih di kenal dengan Bapak Proklamator yaitu Bpk Ir. SOEKARNO sehingga mempengaruhi pola pikir politiknya menjadi warga marhaen.Dia walaupun Banser tetapi aspirasi politiknya tersalurkan lewat partai bergambar Banteng. Sehingga membawa menjadi pengurus partai berlambang Banteng baik di Ancab maupun di cabang,itu dulu waktu masih muda. Ucapnya.
Dengan berbeda pandangan politik kadang mbah Radi menjadi Pantauan Pengurus Banser / Ansor di cabang Pemalang. Dan imbasnya sertifikat DIKLATSAR ( Pendidikan Latihan Dasar ) Banser tidak di terimanya walaupun semua Sesi ujian sudah di jalaninya dengan baik.
Dengan menarik nafas panjang” ia menceritakan seluk beluk Diklatsar Banser ” & dia menerimanya dengan ikhlas,”ya…namanya warga kota Pemalang kota ikhlas ya …harus ikhlas…gitu ” sambil ter kekeh. Imbuhnya

Pengabdian & berkhitmad kepada corp Banser bukan hanya masalah secarik kertas sertipikat dan bukan juga sebagai ukuran tetapi lebih dalam & luas maknanya berkhitmad di Banser di organisasi NAHDLATUL ULAMA dan Pengabdianya kepada para Ulama , para kiyai, para masayih itu sebagai tongkat penunjuk hidup dan juga sebagai obor penerang jalan kehidupan untuk mencapai Ridhonya.itu intinya.
Kita belajar bertoriqot lewat organisasi Banser, dg Nada serius ia berkata.

Baca juga:  Ops Ketupat 2021 Polres Sinjai, Berikut Daftar Pos Penyekatan Pengamanan Di Tiap Perbatasan

Mbah Radi di kenal dengan ilmu kanuragannya / kebatinan kejawenya.
Tidak sedikit pemuda sekitar datang kepadanya untuk meminta sdikit ilmu kanuragan untuk ngisi awak( basa jawa red ) jaga – jaga badan.
Tidak sedikit pula banser muda datang untuk pengisian badan.
Dalam ilmu kejawen mbah radi ada kelebihan dan dalam trah jawa beliau bergelar atau punya panggilan lain yaitu ” JOKO POLENG ”
Kadang juga ada tamu dari luar kota yang sowan
Ke beliau.

Harapan beliau dengan di turunkan PPKM & di longgarkanya di wilayah Pemalang semoga bisa berdampak baik untuk Kegiatan KeBanseran di galakkan. Serta Vaksinasi yang di selenggarakan Pemerintah prosentasenya (%) mencapai target yg di inginkan,sehingga bisa sinergi berkegiatan dengan dinas terkait.
Untuk bisa menbantu memberikan RASA AMAN di masyarakat serta bisa menjadi Perekat Persaudaraan kebangsaan dalam bingkai NKRI ( harga mati )& bisa berkegiatan seluas – luasnya.
“Dia berpesan JASMERAH ( jangan sekali-kali melupakan sejarah ) JASHIJAU ( jangan sekali- kali melupakan jasa ulama ) “.tutupnya
(Tim BD7. SOBIRIN )

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com