Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Internasional

Keterangan Ketua IDI Morut,Bersilang Pendapat Dengan Kepala Dinas Kesehatan Morut

buserdirgantara7
101
×

Keterangan Ketua IDI Morut,Bersilang Pendapat Dengan Kepala Dinas Kesehatan Morut

Sebarkan artikel ini
Img 20231229 Wa0160

Sulteng,buserdirgantara7.com – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Morowali Utara (Morut) dr. Oslanto Malau,angkat bicara,tanggapi soal kasus bayi umur 8 bulan yang meninggal di Beteleme. Kamis, 28 Desember 2023.

 

“IDI punya mekanisme tersendiri, audit masalah yang berhubungan dengan pelayanan Dokter, akan ditangani seksi hukum dan advokasi,sementara masih mulai bekerja pak,” tulis dr. Oslanto via pesan whatsapp (28/12/2023)

 

Dr. Oslanto yang juga menjabat kepala Rumah Sakit Pratama Baturube ini menekankan setiap praktek pelayanan dokter berpegang sesuai SOP.

 

“Tentunya dalam setiap praktek pelayanan setiap dokter berpegang pada SOP,” lanjut dr. Oslanto

 

Terkait kasus bayi umur 8 bulan yang viral di media sosial. Sampai hari ini Kamis, 28 Desember 2023 sudah 813 kali dibagikan. Sang ayah yang memposting di medsos mengungkap kekecewaan atas pelayanan di Puskesmas Beteleme.

 

Menyikapi hal tersebut, berdasarkan informasi awal yang diterima ketua IDI Morowali Utara dari kepala Puskesmas Beteleme dan dr. Rizka yang berjaga, belum ada indikasi ketidaksesuaian SOP.

 

“Menurutnya,Sesuai informasi awal saya sudah wawancara langsung dengan dr Rizka dan Ibu Kapus Beteleme, belum ada indikasi ke Ketidaksesuaian SOP. Juga adanya pernyataan seolah ada kesalahan dari pemberi layanan Dokter maupun Puskesmas Beteleme. Sebaiknya kita semua bersabar menunggu hasil investigasi pak,” tegas ketua IDI Morut ini

 

Dalam proses investigasi ini ketua IDI Morut berharap semua pihak tidak saling menuduh dan menahan diri, sebab proses investigasi harus jelas dan transparan.

 

“Prinsip kita pak lebih cepat lebih baik,tidak boleh sembrono,semua harus jelas dan transparan. Saya menghimbau semua pihak tidak saling menuduh ,menahan diri dan semua tuntas. Saya sebagai ketua IDI Morut menyayangkan pernyataan seolah menyudutkan pelayanan dokter dan Puskesmas tanpa konfirmasi ke pihak dokter dan puskesmas,”tutup ketua IDI Morut.

 

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Morut Alno Berniat, SKM,. M.Kes sesalkan dengan pelayanan di Puskesmas Beteleme terkait penanganan bayi umur 8 bulan yang meninggal dunia dan viral di media sosial.

 

“Kemarin saya berkunjung ke rumah duka dan mewawancarai langsung orang tua..Info yang sama saya terima,berdasarkan info tersebut saya sangat sesalkan dengan pelayanan yang diberikan oleh puskesmas Beteleme,Karna itu hari ini saya perintahkan kepada kapus untuk melakukan rapat evaluasi kinerja pelayanan dokter dan staf bagian pelayanan ..Hasilnya sementara saya tunggu,”tulis Kadis Kesehatan dalam WG BM (27/12/2023)

 

Pernyataan ketua IDI Morut dan Kepala Dinas Kesehatan Morut ini menjadi berbeda sebab hanya melakukan wawancara dari satu sisi saja.

 

Kepala Dinas Kesehatan Morut yang dikonfirmasi pagi ini belum menerima laporan dari puskesmas Beteleme.

 

“Oya…belum ada laporan saya masih menunggu ..Karna saya juga masih dalam keadaan sakit..mudah-mudahan besok kalau kondisi kesehatan saya sudah membaik saya ke puskesmas Beteleme,” tulis Kadis Kesehatan Morut.

 

Redaksi

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458