Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Malam Resepsi Kenegaraan Diwarnai Pidato Bahasa Toraja dan Dongeng Bahasa Bugis

buserdirgantara7
190
×

Malam Resepsi Kenegaraan Diwarnai Pidato Bahasa Toraja dan Dongeng Bahasa Bugis

Sebarkan artikel ini
Img 20230818 Wa0055

Luwu timur,–Dirgantara7. com // Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menggelar Malam Resepsi Kenegaraan dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, yang bertempat di Halaman Rumah Jabatan Bupati Lutim, Kamis (17/08/2023).

IMG-20230818-WA0054

Kegiatan diawali dengan persembahan Pidato Bahasa Toraja oleh Siswa SDN Parahua atas nama Morison Matasik dengan judul “Parallu Tu Tontong Peladai Basanna Tondotta “, kemudian dilanjutkan dengan persembahan Dongeng Bahasa Bugis oleh Siswi kelas 6 SDN 221 Malili, Suci Ramadani dengan judul “Rahasianna Onrong Garangkangnge”.

Selanjutnya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Lutim berkesempatan menyerahkan berbagai penghargaan dan bantuan, antara lain : piagam penghargaan kepada Pelatih Paskibraka dan Paskibraka, santunan dari BPJS Ketenagakerjaan, bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lutim, dan menyerahkan secara simbolis Sertifikat Guru Penggerak.

Usai penyerahan-penyerahan, kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan Penampilan Duta Generasi Berencana (GenRe) Luwu Timur menuju tingkat Nasional tahun 2024.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan bahwa, malam ini adalah kebahagiaan kita, karena Indonesia berulang tahun yang ke-78.
Menurutnya, cerita tentang perjuangan orang-orang tua kita bisa didengar tapi suasana kebathinannya tidak pernah dirasakan.

“Apa yang terjadi sekarang, kita tinggal mengisi kemerdekaan dengan baik, dan kita memastikan bahwa apa yang menjadi harapan para pejuang bisa kita laksanakan,” imbuhnya.

Lanjut Bupati mengutarakan bahwa, kemarin Ia meminta ke panitia HUT RI agar menghadirkan 1.000 anak untuk Aubade karena jika mereka ikut maka jiwa nasionalisme mereka akan bertambah.

“Nah, tadi kita saksikan 1.000 anak-anak itu dengan semangat yang baik, Paskibra juga begitu, mudah-mudahan ini bisa menginspirasi orang-orang disekelilingnya,” harap Bupati.

Budiman juga mengucapkan terima kasih kepada orang-orang tua, karena dibalik kesuksesan seorang anak ada orang tua hebat dibelakangnya. “Jadi, pesan untuk anak-anak ku semua agar berbaktilah kepada orang tua, karena kalian tidak akan seperti sekarang tanpa peran orang tua yang hebat dibelakangnya,” pesan orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati Luwu Timur mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-78. “Kita sehat semua, dan bangsa kita sehat semua, kita bisa lihat tadi pidato bapak Presiden sangat luar biasa, optimisme kita, kita jadi negara besar kedepan, termasuk Kabupaten Luwu Timur,” tutup Budiman.

Usai sambutan, kegiatan ditutup dengan persembahan lagu oleh Pemuda Gita Bahana Nusantara dari Regita Cahyani Sanco’o dan Ambrosius Gian Sanda Lembang. Setelah itu pertunjukan Yel-Yel dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Luwu Timur tahun 2023.

Hadi pada kesempatan ini Unsur Forkopimda, diantaranya Ketua Pengadilan Negeri Malili, Hyka Deriyansi Asril Putra, Kapolres Lutim, AKBP. Silvester MM. Simamora bersama istri, Kajari Lutim, Dr. Yadyn bersama istri, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf. Apriadi Nidjo bersama istri.

Hadir pula Ketua Pengadilan Agama, Kakan Kemenag Lutim bersama istri, Wakapolres bersama istri, Sekda Lutim bersama istri, Managemen PT. Vale Indonesia, para Pejuang Veteran, pimpinan Perbankan, para Staf Ahli dan Asisten, para Kepala OPD, para Tokoh-Tokoh, para Kepala Desa, Paskibraka beserta orang tua. (rhj/ikp-humas/kominfo-Muh Juari )

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458