Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
BeritaormasTNI

Peringati Hari Juang Kartika ke 78, Korem 061/SK Gelar Berbagai Rangkaian Kegiatan

buserdirgantara7
143
×

Peringati Hari Juang Kartika ke 78, Korem 061/SK Gelar Berbagai Rangkaian Kegiatan

Sebarkan artikel ini
Img 20231215 Wa0183

Bogor , –Dirgantara7.com // Dalam rangka memperingati Hari Juangkartika TNI AD ke-78 yang jatuh tepat pada 15 Desember tahun 2023, Korem 061/Sk menggelar rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan satuan jajaran korem 061/sk.

Img 20231215 Wa0182

Rangkaian kegiatan peringatan hari juang Kartika yang digelar oleh Korem 061 Suryakancana dan jajarannya yaitu berupa karya bakti membersihkan beberapa titik aliran sungai, kemudian penanaman sejuta pohon, pemberian bantuan sembako, aksi donor darah, ziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan, upacara bendera, serta telekonference bersama kepala staf angkatan darat (KSAD) dan juga doa bersama.

Img 20231215 Wa0178

Pembersihan sungai dan penanaman sejuta pohon adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya longsor, banjir bandang ataupun erupsi yang kerap kali terjadi di musim penghujan, terutama di wilayah-wilayah yang rawan terjadi bencana. Hal itu diungkapkan oleh komandan korem 061/Sk Kolonel Inf Faisol Izzuddin Karimi S.E., di Bogor Jumat 15 Desember 2023. Kegiatan penanaman pohon itu sendiri dilaksanakan di seluruh kodim jajaran korem 061/sk.

Menurut Danrem lagi, bahwa penanaman pohon yaitu untuk mengikat air agar tidak menggerus tanah yang dapat mengakibatkan terjadinya longsor ataupun banjir bandang. Begitupun dengan pembersihan sungai. Aliran sungai akan tumpah ke daratan apabila saluran air terhambat oleh tumpukan sampah ataupun tanah yang mengendap. Oleh karena itu maka penanaman pohon dan juga pembersihan sungai menjadi salah satu hal yang penting untuk mencegah terjadinya banjir.

Selain itu, rangkaian kegiatan hari juang Kartika lainnya yang digelar oleh korem 061/sk adalah pemberian bantuan sembako. Bantuan sembako diberikan kepada warga masyarakat yang memang layak dan berhak mendapatkan program bantuan tersebut. Setidaknya bantuan yang diberikan oleh jajaran TNI di lingkungan korem 061/sk dapat membantu mencukupi kebutuhan warga masyarakat yang membutuhkannya.

Pada agenda lainnya, seluruh kodim di jajaran korem 061/sk menggelar aksi donor darah. Yang mana dalam hal ini Kolonel Faisol mengatakan, bahwa perlunya menggelar aksi kemanusiaan donor darah tersebut, yang memang sudah seringkali dilaksanakan oleh seluruh kodim di lingkungan korem 061/sk. Karena pada dasarnya darah merupakan sesuatu hal yang juga paling penting di dalam kehidupan. Oleh karena itu setetes darah yang disumbangkan oleh para donatur tentunya sangat berarti bagi banyak nyawa yang membutuhkannya.

Masih dalam rangka memperingati hari juang Kartika ke 78, korem 061/sk menggelar ziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan Dreded Kota Bogor. Kegiatan ziarah dan tabur bunga juga dilaksanakan di seluruh kodim dan satuan yang berada di lingkungan korem 061/sk. Untuk kegiatan ziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan dreded dipimpin oleh Kolonel Inf Mochamad Nanang Nazmudin selaku Kasrem 061/SK dan di ikuti sekitar 250 Orang personil gabungan, diantaranya Dandenpom III/1 Bogor, Danyonif 315/Grd, Para Kasi Rem 061/SK, Para Balak Aju Jajaran Korem 061/SK, Pasi Pers Kodim 0606/Kota Bogor serta Pasi Log Kodim 0606/Kota Bogor.

Usai melaksanakan ziarah dan tabur bunga, kasrem 061/sk didampingi oleh Dandim 0606/kota Bogor mengikuti kegiatan video conference yang dilaksanakan oleh kepala staf angkatan darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pasar TU Jl.Sholis Iskandar Kel Cibadak Kec Tanah Sareal Kota Bogor dan diikuti oleh Kasdim 0606/Kota Bogor, Danramil Kota Bogor, Perwakilan Yon 14/Kopassus, LVRI & Warakauri Kota Bogor, Perwakilan Polsek Tanah Sareal serta Perwakilan Satpol PP Kota Bogor. Dan pada kegiatan yang sama kasrem bersama rombongan melakukan penanaman pohon di lahan pasar TU kelurahan Cibadak kecamatan tanah sareal. Ada sebanyak 50 pohon dengan jenis bibit pohon kayu keras yang ditanam. Yaitu pohon beringin ukuran 2 meter sebanyak 25 bibit kemudian 25 bibit pohon keruing daun besar dengan ukuran 1,5 sampai dengan 2 m.

Kasrem bersama rombongan juga melaksanakan kegiatan Karya Bakti Pembersihan pasar dan Selokan/Parit di Pasar TU serta pemberian 100 Paket Sembako, 70 Paket Sembako dibagikan kepada Veteran, Warakauri dan Anak Yatim Piatu dan 30 paket sembako di berikan kepada Veteran, Anak Yatim dan panti jompo sekitar yang kurang mampu.

Sebelumnya, Korem 061/Sk juga menggelar upacara peringatan hari juang Kartika ke-78 yang diadakan di makorem 061/sk. Di mana kegiatan upacara bendera tersebut diikuti oleh seluruh personil korem 061/sk yaitu para prajurit TNI dan juga PNS dan dipimpin oleh kasi pers. Rangkaian kegiatan hari juang Kartika yang digelar oleh korem 061/sk dan seluruh jajarannya ditutup dengan doa bersama yang digelar di masjid nur Inayah korem 061/sk.

Seluruh rangkaian kegiatan hari juang Kartika ini, menurut kolonel Faisol Izzudin Karimi merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, lingkungan dan khususnya kepada para pejuang bangsa. Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga diinisiasi oleh kepala staf angkatan darat jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

(Wan / Hera/Sumber: Penrem 061/Sk)