momoccx

Serah Terima Rohingya di Community House Pekanbaru

  • Bagikan
img 20220522 wa0031

Dirgantara7.Com//Lhokseumawe (22/05) – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe mengikuti kegiatan serah terima pengungsi Rohingya di Pekanbaru sejumlah 119 pengungsi pada Jumat (20/5). Dalam kegiatan pemindahan telah dilaksanakan pengawalan oleh petugas Imigrasi Lhokseumawe terhadap pengungsi rohingya yang sebelumnya berada di penampungan sementara di Aula Gedung Serbaguna Kantor Camat Jangka di Bireuen ke Community House Pekanbaru. Berdasarkan hasil koordinasi dengan IOM dan UNHCR, pemindahan pengungsi rohingya gelombang pertama berjumlah 55 orang pengungsi dengan menggunakan armada bus menuju Bandara Kualanamu, yang mana dilanjutkan dengan dua penerbangan yakni penerbangan Rabu (18/5) sejumlah 30 orang pengungsi pada penerbangan pukul 06.10 WIB dan 25 orang pengungsi pada penerbangan pukul 13.30 WIB.

Setiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, rombongan petugas pengawalan beserta pengungsi disambut langsung oleh Forkopimda Kota Pekanbaru dan Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru. Selanjutnya tim beserta rombongan pengungsi langsung menuju community house di Wisma Dcops Pekanbaru untuk selanjutnya dilakukan pendataan oleh petugas Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru.

Pada gelombang kedua pemidahan di hari kedua pada Kamis (19/5), telah dilaksanakan pengawalan pengungsi Rohingya sejumlah 64 orang yang dibagi dalam dua grup penerbangan.

Baca juga:  Bakti Sosial Polres Subang Dan Polsek Jajaran Dalam Rangka Polri Peduli Covid-19 Di Wilayah Hukum Polres Subang

Pada grup penerbangan pertama berjumlah 35 orang berangkat dengan penerbangan Pukul 06.10 WIB dan tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekan Baru pada pukul 07.00 WIB. Pada pukul 13.30 WIB Grup Kedua berangkat dari Kuala Namu berjumlah 29 orang dan tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II pada pukul 14.30 WIB dan langsung menuju Community House di Wisma Dcops Pekanbaru untuk dilakukan pendataan oleh petugas Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru.

Dalam kegiatan pemindahan serta serah terima yang berlangsung pada hari Rabu (18/5) hingga Jumat (20/5) turut hadir Sekretaris Deputi Bidkor Kamtibmas Kemenko Polhukam, Kabagops Polresta Pekanbaru, Kasubdit Intel Ditjenim, Kabidzinfokim Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe serta Chief Of Mission For The IOM di Indonesia
Sekretaris Deputi Bidkor Kamtibmas Kemenko Polhukam dilokasi menyampaikan arahan kepada para pengungsi untuk berkoordinasi dengan petugas yang berada di Community House dan akan dilakukan sosialisasi terhadap pengungsi terkait aturan,kesehatan dan tata tertib selama di Community House.

Baca juga:  Wujudkan Kamseltibcarlantas, Sat Lantas Polres Sinjai Rutin Gelar Commander Wish

Sementara itu Perwakilan IOM dalam sambutannya pada saat serah terima menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas PPLN Lhokseumawe dan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang telah memberikan tempat untuk para pengungsi dan berterima kasih pula kepada pemerintah Pekanbaru karena telah menerima pengungsi dari Lhokseumawe dan Bireuen.

Disebutkan pula IOM sebagai badan dunia yg bergerak di bidang kemanusiaan akan selalu memberikan pelayanan terbaik dan akan selalu memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi.
Ullah Begum selaku perwakilan pengungsi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia khususnya kota Lhokseumawe, Bireuen dan Pekanbaru yg telah menerima para pengungsi yang mana mereka menyebutkan dinegara sendiri, mereka mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dari agama yang berbeda sehingga melarikan diri.

Turut memberikan sambutan Kepala Kesbangpol Pekanbaru selaku Kasatgas PPLN Kota Pekanbaru yang mana Kota Pekanbaru bersedia menerima pengungsi karena kota Pekanbaru merupakan bagian dari NKRI dan Kota Pekanbaru direkomendasikan oleh Menkopolhukam utk menerima pengungsi dari Bireuen dan Kota Lhokseumawe.

Baca juga:  Kegiatan Kepolisian Dalam Rangka Pencegahan, Penanggulangan & Penanganan Pandemi Covid - 19

Atas dasar surat rekomendasi itu Kasatgas PPLN langsung berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Kota Pekanbaru.

Kemudian kasatgas berharap agar pengungsi bisa menjaga kamtibmas di sekitar tempat tinggal dan menghormati adat istiadat yg berlaku di kota Pekanbaru khususnya di lingkungan sekitar sehingga bisa menciptakan suasana yg kondusif
Senada dengan Kasatgas PPLN Kota Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru yg diwakili oleh Kasat Intelkam menyampaikan agar para pengungsi dapat menghormati adat istiadat sekitar, menjaga ketertiban dan tidak melakukan aksi-aksi unjuk rasa.

Penutup sambutan, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau yg diwakili oleh Kepala Bidang Zinfokim mendukung sepenuhnya semua kegiatan Pemko Pekanbaru terkait dengan pengungsi dan siap bekerjasama dengan IOM dan UNHCR.

Selanjutnya dilaksanakan kegiatan penandatangan Berita Acara serah terima dari Satgas PPLN Kota Lhokseumawe kepada Kasatgas PPLN Kota Pekanbaru, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serah terima oleh Satgas PPLN kota Pekanbaru dan Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru dan disaksikan langsung oleh Kepala Bidang Zinfokim Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau.

(Rid)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com