momoccx

Terombang ambing di tengah laut, Nelayan Natuna akhirnya ditemukan Kapal Perang TNI AL

  • Bagikan
logopit 1642736286192

Dirgantara7.Com//Unsur TNI AL, KRI Kapitan Patimura (PTM)-371 BKO Gugus Tempur Laut Koarmada I yang sedang melaksanakan operasi di Laut Natuna mengevakuasi nelayan Natuna pada sebuah perahu yang terombang-ambing karena mengalami kerusakan mesin di Perairan Pulau Bunguran, Rabu (19/1/2022).

“Kejadian bermula saat KRI Kapitan Patimura-371 melaksanakan Patroli di laut Natuna Utara, Perwira Jaga melihat seseorang diatas perahu nelayan memberi tanda dengan melambaikan baju, meminta perhatian KRI, setelah didekati ternyata orang tersebut membutuhkan pertolongan dikarenakan mesin perahu yang ditumpanginya mengalami kerusakan mesin,” ungkap Komandan KRI PTM, Letkol Laut (P) Valentino Pasalbessy

Ia juga menambahkan bahwa gelombang tinggi mencapai 2 meter dan kecepatan angin sekitar 25-30 knot, mengakibatkan proses evakuasi sempat mengalami kesulitan. Sampai akhirnya orang tersebut berhasil dievakuasi ke atas KRI, sedangkan perahunya ditunda menggunakan tali.

Baca juga:  Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Layani Pengobatan Ke Rumah-Rumah Warga

Berdasarkan keterangan orang tersebut bernama Herman Sugiarto (24) beralamat di Pian Padang Bunguran Selatan berprofesi sebagai nelayan. Dalam perjalanan menuju lokasi penangkapan ikan (memancing) perahunya mengalami kerusakan mesin sampai akhirnya ditemukan oleh Kapal Perang TNI AL, KRI Kapitan Patimura-371.

Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah dalam berbagai kesempatan mengatakan bahwa tugas Koarmada I selain melaksanakan tugas pertahanan matra laut juga melaksanakan patroli keamanan laut, dan apa yang dilakukan oleh jajarannya ini adalah merupakan bagian dari tugas yang dilaksanakan oleh Koarmada I dalam memberikan rasa aman bagi para pengguna laut.

“Hal ini merupakan implementasi dari perintah pimpinan TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, agar memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan khususnya dalam hal tugas kemanusiaan, seperti yang dilakukan oleh Komandan KRI Kapitan Patimura ini,” Ungkap Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Baca juga:  TNI Mengamankan 9 Orang diduga Anggota TPNPB-OPM Pada Saat Sweeping di Pitewi Papua

Dispen Koarmada I

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 Buserdirgantara7.com