Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Wakil Ketua Jurnalis Menjelaskan,,Ini Kerja jurnalis Bukan Kerja Humas.

buserdirgantara7
198
×

Wakil Ketua Jurnalis Menjelaskan,,Ini Kerja jurnalis Bukan Kerja Humas.

Sebarkan artikel ini
Img 20221009 094214

Dirgantara7.com//Pelatihan Jurnalis yang diselenggarakan Dewan Pers dan BRI berlangsung di Hotel Grand Mercure Medan, dibuka oleh Regional CEO BRI Medan, Budhi Novianto, Jumat (7/10/2022).

Wakil Ketua Dewan Pers, Muhamad Agung Dharmajaya menjelaskan bahwa, hingga saat ini lembaga nya mencatat ada sekitar 47.000 media online, tetapi yang telah terverivikasi secara administrasi maupun faktual baru 2.500 media.

Sayangnya di tengah ledakan jumlah media online tersebut, ternyata masih belum mampu menyajikan pemberitaan yang beragam untuk dikonsumsi masyarakat, kata Agung.

Ia mengemukakan, sangat banyak media daring yang sering kali menelan mentah-mentah siaran pers dari suatu lembaga atau rillis humas, padahal kerja Jurnalis bukan kerja humas, pastikan harus konfirmasi lagi, tegas Agung.

Selain itu, paparnya, wartawan kerap kali memanfaatkan media sosial sebagai sumber berita. Padahal, menelan bulat-bulat informasi dari media sosial berisiko terhadap akurasi berita yang disajikan.

Ia mengutarakan, perlunya jurnalis memperdalam informasi yang diterima. Hampir semua media daring, ujarnya, menyajikan berita dalam bentuk yang sama, baik isi bahkan teras berita.

Agak berbeda dengan media cetak, lanjutnya, yang masih longgar waktunya sehingga bisa melakukan konfirmasi atau paling tidak menulisnya agak berbeda dari rilis yang diberikan humas. Pungkas Agung. | Susan Amelia.