Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Wejangan Ibu Upakarini Wira Taruna Dalam Rangkaian Pengukuhan Ibu Upakarini Wira Taruna di Akademi Militer

buserdirgantara7
85
×

Wejangan Ibu Upakarini Wira Taruna Dalam Rangkaian Pengukuhan Ibu Upakarini Wira Taruna di Akademi Militer

Sebarkan artikel ini
Img 20231110 Wa0140

Magelang, Buserdirgantara7com — Ny. Evi Agus Subiyanto secara resmi dikukuhkan sebagai Ibu Upakarini Wira Taruna Akademi Militer. Pengukuhan ini berlangsung dengan hikmah dan penuh makna, bertempat di Gedung Moch. Lily Rochli pada hari Kamis, 09 November 2023.

Ny. Evi Agus Subiyanto dengan tulus menyampaikan rasa terima kasih atas kehormatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya sebagai Ibu Upakarini Wira Taruna Akademi Militer. Beliau mengungkapkan bahwa status sebagai Ibu Upakarini Wira Taruna Akademi Militer merupakan sebuah kebahagiaan yang luar biasa baginya. Hal ini adalah sebuah kesempatan yang sangat membanggakan, di mana beliau akan menjadi seorang ibu bagi seluruh Taruna dan Taruni Akademi Militer yang merupakan calon pemimpin TNI, TNI AD, bahkan bangsa dan negara ini.

Img 20231110 Wa0139Dalam kesempatan berharga ini, Ny. Evi Agus Subiyanto memohon doa restu dan kerjasama yang tulus dari seluruh pihak. Beliau bertekad untuk menjalankan tugas yang telah dipercayakan dengan sepenuh hati dan dedikasi yang tinggi.

Ny. Evi Agus Subiyanto juga menegaskan bahwa tugas dan tanggung jawabnya sebagai Ibu Upakarini Wira Taruna Akademi Militer merupakan bagian yang integral dari jabatan dan kehormatan yang telah dipercayakan oleh negara dan bangsa kepada suaminya, Bapak Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., yang baru saja dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat pada tanggal 25 Oktober 2023.

Img 20231110 Wa0146Dalam sambutannya, Ny. Evi Agus Subiyanto memberikan wejangan kepada para Taruna dan Taruni yang merupakan pemuda dan pemudi pilihan yang telah memutuskan untuk mengabdikan diri kepada negara dan bangsa melalui profesi keprajuritan TNI Angkatan Darat dengan menempuh pendidikan pembentukan perwira di Akademi Militer.

Beliau menekankan pentingnya memiliki etika yang kuat dan menjunjung tinggi moral yang baik. Etika dan moral yang baik akan menjadi landasan yang memengaruhi perilaku yang bijaksana dan bertanggung jawab. Pemimpin yang etis dapat memberikan dampak positif bagi orang-orang yang dipimpinnya.

Ny. Evi Agus Subiyanto juga mengajak para Taruna dan Taruni untuk menjalani kehidupan yang didasari oleh keimanan, ketakwaan, dan akhlak yang baik, sebagai landasan moral dalam mengikuti jejak Korps Taruna.

Selain moral dan etika yang baik, beliau juga mendorong para Taruna dan Taruni untuk memiliki pengetahuan yang luas, keterampilan teknis dan taktis yang baik, kemampuan mengambil inisiatif, serta memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi. Semua hal ini akan sangat berguna dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Ny. Evi Agus Subiyanto yakin bahwa para Taruna dan Taruni akan menjadi perwira yang handal dan berkarakter. Beliau menegaskan pentingnya motivasi belajar, berlatih, dan meningkatkan kedisiplinan sebagai bekal untuk menghadapi ancaman dan tantangan bangsa di masa yang akan datang.

Dalam akhir sambutannya, Ny. Evi Agus Subiyanto mengingatkan para Taruna dan Taruni bahwa waktu empat tahun di Akademi Militer akan berlalu dengan cepat. Oleh karena itu, beliau mendorong mereka untuk tidak malas dan mengisi waktunya dengan hal-hal positif. Selain itu, beliau mengingatkan pentingnya membangun hubungan yang baik antara senior dan junior, berdasarkan saling asah, asih, dan asuh.

Ny. Evi Agus Subiyanto juga memberikan pesan kepada para pemimpin muda untuk menjadi teladan yang tidak egois, dapat dipercaya, simpatik, dan berwibawa. Bagi junior, belajarlah menjadi yang loyal, setia, jujur, ulet, tahan uji, dan dapat menempatkan diri dengan baik. Beliau menegaskan pentingnya menjauhi pelanggaran apa pun, karena keberhasilan mereka dalam pendidikan dan latihan di Akademi Militer adalah harapan semua pihak, termasuk keluarga di rumah.

Ny. Evi Agus Subiyanto berpesan agar para Taruna dan Taruni senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, serta selalu memohon doa restu orang tua agar mereka selalu mendapat ridho-Nya dalam setiap langkah pengabdian mereka kepada bangsa dan negara.     (Rd)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458