Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

_KPU Kabupaten Garut Lantik 56 Ribu KPPS se-Kabupaten Garut

buserdirgantara7
59
×

_KPU Kabupaten Garut Lantik 56 Ribu KPPS se-Kabupaten Garut

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2024 0126 043042

GARUT, Tarogong Kidul* – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut melantik 56 ribu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kabupaten Garut. Upacara pelantikan berlangsung di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, pada Kamis (25/1/2024), dihadiri oleh Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin.

 

Dalam sambutannya, Barnas Adjidin menekankan pentingnya persiapan menyeluruh, termasuk kesiapan sumber daya manusia, infrastruktur, dan logistik pemilu, seperti kertas surat suara.

 

“Dan perlu juga disiapkan alat-alat yang memang nanti menjadi sesuatu pemilihan itu berjalan dengan baik,” ucap Barnas.

 

Barnas menyampaikan, bahwa KPPS memiliki tugas besar serta mulia. Ia mengajak kepada KPPS di Kabupaten Garut agar bekerja secara profesional yaitu tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat sasaran sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Ia juga meminta agar KPPS dapat mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan yang akan membuat pelaksanaan pemilu menjadi tidak kondusif di Kabupaten Garut.

 

“Saya yakin Garut kondusif, saya yakin Garut memiliki akhlak sebagaimana tercantum dalam komitmennya dan kita juga bangga untuk melayani bangsa,” katanya.

 

Terakhir, ia berterima kasih kepada KPU Kabupaten Garut hingga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, yang telah menyelenggarakan persiapan menjelang pemilu dengan baik. Ia mengajak kepada seluruh pihak untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu khususnya di Kabupaten Garut.

 

“Saya ingin tidak ada masalah, kemudian pada para aparat yang nanti akan memantau dan sebagainya untuk bekerja dengan baik sehingga jalannya pelaksanaan pemilih berjalan dengan lancar, aman, sehingga kita cepat bisa melaporkan hasil daripada pemilihan yang diselenggarakan,” katanya.

 

Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri, menyampaikan bahwa pelantikan dilanjutkan dengan aksi simbolis penanaman pohon di Eduwisata Perlebahan Pasawaahn, Tarogong Kaler.

 

“198 (pohon yang ditanam) jadi kalau totalnya itu kali saja jumlah KPPS secara keseluruhan. Jadi kita berarti menanam 56 ribu pohon di Kabupaten Garut, serentak hari ini. Ini hanya satu simbol aja yang dihadiri oleh ketua KPU-nya,” ucapnya.

 

Penanaman pohon ini dalam rangka menyadarkan masyarakat untuk dapat menyayangi lingkungan, di mana pelaksanaan penanaman pohon atau reboisasi itu sangat penting dilakukan.

 

“Jadi (penanaman pohon ini) momentum yang sangat penting bagi KPU ya memberikan edukasi kepada masyarakat dengan semangat penanaman pohon,” tandasnya.

 

Setelah pelantikan, sebut Junaidin, akan dilanjutkan dengan pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) terhadap seluruh anggota KPPS yang sudah dilantik dan akan dimulai pada tanggal 26 Januari – 29 Januari 2024. Bimtek ini bertujuan agar seluruh anggota KPPS bisa memiliki pengetahuan yang sama terkait dengan pungut dan hitung dalam pemilu 2024.

 

Ia berpesan kepada anggota KPPS untuk dapat melayani para pemilih dengan setulus hati, baik pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), ataupun pemilih khusus (DPK).

(Ahmad deni)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458