Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Beberapa Organisasi Wanita di Kabupaten Garut Lakukan Ziarah ke Makam RA Lasminingrat

buserdirgantara7
41
×

Beberapa Organisasi Wanita di Kabupaten Garut Lakukan Ziarah ke Makam RA Lasminingrat

Sebarkan artikel ini
Img 20231215 Wa0209

GARUT, Garut Kota -Dirgantara7.com // Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, beberapa perempuan yang tergabung dalam organisasi perempuan di Kabupaten Garut, melakukan ziarah ke makam Raden Ayu (RA) Lasminingrat, yang berlokasi di Komplek Makam Keluarga Hoofd Panghoeloe R. H. M. Moesa, Jalan Kabupaten, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum’at (15/12/2023).

Img 20231215 Wa0208

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Garut, Lina Nurdin Yana, menyampaikan, jika ziarah kubur ke RA Lasminingrat ini merupakan salah satu rangkaian Hari Ibu ke-95 di Kabupaten Garut. Ia menerangkan bahwa RA Lasminingrat merupakan sosok pahlawan perempuan penggiat pendidikan dan literasi di Kabupaten Garut, dan menjadi salah satu perempuan suri tauladan bagi kaum hawa khususnya di Kabupaten Garut, Lina berpesan agar kaum perempuan tetap kuat di tengah masa-masa sulit seperti sekarang.

“Setidaknya ibu-ibu harus tetap sabar dan tawakal dalam menghadapi situasi apapun, dan jangan lupa ibu-ibu juga harus tetap bersyukur meskipun kita dalam situasi seperti ini,” ujar Lina saat diwawancara seusai ziarah.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Garut, Nina Herlina, berpesan, agar para perempuan di Kabupaten Garut, bisa meneruskan perjuangan RA Lasminingrat dalam segala bidang, khususnya di bidang pendidikan.

“Semoga ibu ibu semangat meneruskan perjuangan beliau-beliau, supaya perempuan Garut bersemangat dan lebih maju untuk kedepannya dalam hal segala apapun terutama dalam hal pendidikan,” tuturnya.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut, Iriyani, mengatakan, jika tema Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

Ia juga menjelaskan dalam momentum Hari Ibu Tahun 2023 ini ada beberapa rangkaian acara, mulai dari Pekan Pelayanan KB, Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Sosialisasi Kesehatan Jantung, Ziarah dan Doa Bersama, Senam Bersama, Upacara Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, dan terakhir Bakti Sosial.

Selain kegiatan ziarah, juga dilaksanakan pengajian yang dilaksanakan di Gedung Pendopo dengan mustami dari Pengajian Al-Hidayah Kabupaten Garut, Organisasi Wanita Kabupaten Garut, dan Majelis Taklim Kabupaten Garut, dengan total mustami kurang lebih 400 orang.
(Ahmad deni)