Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Budiman Buka bimtek Peningkatan Kapasitas BUMDes

buserdirgantara7
84
×

Budiman Buka bimtek Peningkatan Kapasitas BUMDes

Sebarkan artikel ini
Img 20231116 Wa0062

Luwu timur,–Dirgantara7.com // Bupati Luwu Timur, H. Budiman secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lingkup Pemda Luwu Timur T.A 2023, yang dilaksanakan di Hotel Grand Asia Makassar, Rabu (15/11/2023).

Img 20231116 Wa0063

Bimtek tersebut merupakan bentuk kerjasama Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa (DPMD) dengan Macca Indonesia Foundation (MIND) dan Balai Pelatihan & Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal & Transmigrasi (BPPM DDTT) Makassar.

Berdasarkan keterangan dari Kepala DPMD Luwu Timur, Halsen bahwa, Bimtek Peningkatan Kapasitas BUMDes saat ini merupakan Angkatan Pertama yang berasal dari 42 Desa di Luwu Timur dan direncanakan akan berlanjut hingga Angkatan Ketiga.

“Peserta Bimtek terdiri dari Komisaris BUMDes (Kepala Desa) dan Perwakilan Pengurus BUMDes. Materi bimtek akan dibawakan oleh Kajari Luwu Timur dan Narasumber dari BPPM DDTT Makassar. Waktu pelaksanaan Bimtek selama tiga hari yakni dari tanggal 15 hingga 18 November 2023,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa, pendirian BUMDes bertujuan untuk meratakan kesejahteraan dibidang perekonomian desa, pendapatan asli desa dan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. BUMDes memiliki peran yang cukup penting dalam rangka memutar roda perekonomian masyarakat Desa.

“Bimtek ini sifatnya abstrak, yakni tidak bisa dilihat hasilnya secara kasat mata. Namun Bimtek ini mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bapak ibu dalam pengelolaan BUMDes masing-masing nantinya. Melalui kegiatan ini bapak ibu juga akan belajar tentang mengasah kepekaan dalam berbisnis serta mampu memetaakan potensi yang ada guna mengembangkan berbagai bidang usaha di desa masing-masing,” katanya.

Bupati mengatakan begitu banyak inovasi yang dapat dikelola oleh BUMDes dari berbagai sektor di Kab. Luwu Timur selain yang sudah berjalan saat ini, seperti sampah daur ulang, produksi pakan hewani, pembuatan pupuk organik, jasa penggilingan padi, kreasi kuliner lokal dan sebagainya yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Bahkan dengan menjalin kerjasama melalui dinas-dinas terkait, produk milik BUMDes dapat disebarluaskan dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara massal.

“Melalui Bimtek ini juga sebagai bentuk edukasi dalam mengatur bantuan keuangan dan penerapan aturan hukum pengelolaan dana BUMDes yang bertujuan mencegah penyalahgunaan anggaran diluar ketentuan. Selain itu setiap bantuan anggaran yang telah diberikan kemudian dimonitoring secara berkala oleh dinas terkait dan akan dievaluasi kembali jika ditemukan BUMDes yang tidak produktif dan dinyatakan tidak layak untuk dilanjutkan sebagai penerima bantuan dana stimulan.”

Bupati berharap setelah mengikuti kegiatan Bimtek peningkatan kualitas ini akan ada BUMDes yang berhasil serta dapat menjadi contoh yang baik ke BUMdes yang lain secara berkelanjutan guna menumbuh kembangkan perekonomian rakyat, menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat yang pada gilirannya upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga dapat segera terwujud.

Pembukaan Bimtek Peningkatan Kualitas BUMDes tersebut kemudian ditutup dengan penyematan secara simbolis kartu tanda peserta oleh Bupati Luwu Timur yang turut disaksikan Kepala Bapenda Luwu Timur, M. Said, Direktur MIND, Haeril Al Fajri dan seluruh peserta Bimtek Peningkatan Kualitas BUMDes Angkatan Pertama. (ul/prokopim/ikp-humas/kominfo-MuhJuari )