Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Bupati Garut Tinjau Pembangunan Infrastruktur Vital di Desa Gunung Jampang

buserdirgantara7
103
×

Bupati Garut Tinjau Pembangunan Infrastruktur Vital di Desa Gunung Jampang

Sebarkan artikel ini
Img 20231018 Wa0068

GARUT, Bungbulang, – Bupati Garut, Rudy Gunawan melakukan kunjungan ke Desa Gunung Jampang, Kecamatan Bungbulang, Selasa (17/10/2023) untuk meninjau pembangunan infrastruktur kunci di kawasan terluar Kabupaten Garut.

Img 20231018 Wa0066

Dalam kunjungan sejauh 86,2km, Bupati Garut bersama Tim Auditor Inspektorat Kabupaten Garut dengan waktu tempuh tiga jam lebih ini mengecek proyek pembangunan jalan menuju Desa Gunung Jampang, serta berinteraksi langsung dengan warga setempat. Selain itu, bupati juga memeriksa perkembangan pembangunan fasilitas penting seperti kantor desa dan puskesmas pembantu.

Menyinggung historis kawasan, Bupati Rudy mengungkapkan, Gunung Jampang selain memiliki potensi luar biasa, juga memiliki makna historis yang sangat melegenda berhubungan dengan mistik.

Bupati Rudy juga mengungkapkan fakta sejarah yang menarik, di mana pada masa lalu, Belanda sempat memasang patok-patok di kawasan ini, mengingat potensi emas yang terdapat di Gunung Jampang. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Garut tengah giat membangun dan merekonstruksi jalan menuju Gunung Jampang dengan harapan mobil sejenis sedan dapat segera melintas di kawasan tersebut.

“Sekarang di akhir masa jabatan saya ini dibangun (dan) direkonstruksi, ke sini bisa menggunakan mobil sedan sebentar lagi, harusnya ini selesai tahun 2020 tapi karena Covid-19 kita baru menyelesaikan di 2023 akhir ini insya Allah kita resmikan,” ujar Bupati Garut.

Ia juga menjelaskan, Gunung Jampang berbatasan langsung dengan beberapa desa di Kecamatan Pamulihan, termasuk Desa Linggarjati yang memiliki posisi strategis sebagai sumber mata air sungai purba Cibatarua yang diprediksi akan menjadi salah satu sumber air bagi Kabupaten Bandung.

“Karena ini sudah diprediksi bahwa air nanti katanya, di Bandung itu akan dialiri dari mata air yang ada di Cibatarua, hotel-hotel di Bandung akan sulit mendapatkan air, nanti akan ada dari mata air Cibatarua, sungai purba yang ada di Kabupaten Garut dialirkan ke Kabupaten Bandung,” tandasnya.

(Ahmad Deni)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458