Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Bupati Tapsel Ajak Pelajar Untuk Bijak Dalam Bermedia Sosial

buserdirgantara7
139
×

Bupati Tapsel Ajak Pelajar Untuk Bijak Dalam Bermedia Sosial

Sebarkan artikel ini
Img 20231115 Wa0201

Tapanuli Selatan (Sumut) – Buser Dirgantara 7com.- Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu, mengajak para pelajar SMA Negeri 1 Angkola Selatan untuk bijak dalam bermedia sosial. Karena dunia media sosial sangat akrab anak usia remaja dan mereka sangat terkoneksi dengan dunia maya tersebut. Kemudian, ia mengajak para pelajar, agar bijak sebelum menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Itulah yang terjadi kini. Sering, ada berita yang tidak tahu kebenarannya, kita cepat menyebar. Antusias, semangat. Dan ketika sudah diperbaiki atau dikoreksi tidak sama dengan semangatnya ketika penyebaran berita awal,” kata Dolly saat menghadiri sosialisasi penguatan kerukunan antar umat beragama terhadap pelajar di Kabupaten Tapsel, Rabu (15/11).

Img 20231115 Wa0200Dalam sosialisasi yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Angkola Selatan itu, Dolly memberikan gambaran kepada siswa-siswi dengan membuat group berupa pesan berantai. Dan pada siswa terakhir pesan yang disampaikan tidak sama dengan pesan di awal.

“Berita baik belum tentu disampaikan baik oleh orang lain bisa saja bertambah dan juga berkurang yang akhirnya merugikan, sejumlah orang,” ucapnya.

Menurut Dolly, berita yang belum tentu benar atau salahnya, berguna atau tidak bagi khalayak, perlu atau atau tidak sering kali disebarkan tanpa pemeriksaan ulang terlebih dahulu. Sehingga perlu tabayyun atau pemeriksaan berulang, apakah berita tersebut bisa mengubah orang menjadi lebih baik.

“Dan apakah berita itu bermanfaat untuk disebarkan maupun ditanggapi?” imbuh Dolly.

Dolly mengatakan kepada seluruh pelajar, bahwa kerukunan umat beragama di Sipirok sudah terjalin dengan baik. Salah satu contohnya di Desa Sibadoar yang selalu tolong-menolong jika ada yang menggelar pesta maupun acara-acara lainnya.

Kemudian, Dolly mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Tapsel. Baik itu dari siswa-siswi dengan cara belajar yang baik dan membuat forum-forum diskusi yang dapat memberikan dampak positif.

Sementara itu, Kepala SMA 1 Angkola Selatan Drs Taufik Hidayah mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapsel atas kehadirannya. Ia juga mengapresiasi capaian Kabupaten Tapsel selama periode kepemimpinan Dolly Pasaribu.

Sebab menurutnya, Kabupaten Tapsel telah banyak memperoleh penghargaan tingkat Provinsi maupun Nasional. Sehingga, pihaknya berharap dan mendoakan agar Dolly Pasaribu bisa memimpin Kabupaten Tapsel lagi di periode berikutnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua forum kerukunan umat beragama (FKUB) Kabupaten Tapsel, Hamdan, S.Ag, dan Camat Angkola Selatan, Dodi Kurniawan.

(Galung)