Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Bupati Tapsel Hadirkan Pelayanan USG Gratis Untuk Masyarakat Muara Batang Toru

rezafahrefi71
30
×

Bupati Tapsel Hadirkan Pelayanan USG Gratis Untuk Masyarakat Muara Batang Toru

Sebarkan artikel ini
IMG-20230715-WA0272

Tapanuli Selatan(Sumut) -Buser Dirgantara 7com.-Sebagai perwujudan visi misinya dalam menjadikan masyarakat yang lebih sehat, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu, menghadirkan pelayanan USG gratis untuk masyarakat Kecamatan Muara Batang Toru, pada Sabtu (15/7).Pelayanan USG gratis yang bertempat di Aula Kantor Camat Muara Batang Toru itu merupakan program PKK Tapsel.

IMG-20230715-WA0270

Dalam sambutan Bupati Tapsel melalui Camat Muara Batang Toru, Faisal Candra Hasan, dan Ibu Ketua TP PKK Kecamatan setempat, Ny Soraya Faisal Candra Hasan, menerangkan, bahwa ada 3 hal yang sangat penting dalam memaknai program ini. Di antaranya, agar dapat menurunkan angka kematian ibu hamil. Lalu, menurunkan angka kematian bayi lahir.

“Serta, pencegahan dini terjadinya Stunting,” jelas Camat.

Faisal melanjut, dalam mencegah Stunting atas arahan pemerintah atasan, sejak remaja nutrisi remaja putri sudah harus diperhatikan dan bila perlu diberikan tablet penambah darah. Sehingga ketika ia siap menikah dan berencana punya keturunan, maka kondisi fisik dan mental dari remaja putri tersebut tetap terjaga.

“Apalagi dengan rutin memeriksakan kehamilan, maka risiko melahirkan bayi yang berpotensi Stunting menjadi lebih kecil,” ungkapnya.

Camat, juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel yang mendorong Pengurusnnya di jajaran Kecamatan khususnya Muara Batang Toru dan juga dr Ryan Andrian, MKed (OG) SpOG yang telah menginisiasi acara ini. Catatan penting lainnya dalam acara ini adalah sang dokter tidak menarik biaya apapun, ini murni pengabdian.

“Saya kira, ini bisa menjadi contoh dan model untuk wilayah lainnya di Tapanuli Selatan dan akan terus berlanjut,” imbuh Camat.

Yunita Siregar, salah seorang warga Desa Bandar Hapinis, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Tapsel, Ketua TP PKK Kabupaten, Camat, dan Ketua PKK Kecamatan Muara Batang Toru, dan dr Ryan. Yunita berharap, agar kiranya acara seperti ini sering dilaksanakan.

“Terutama, dalam acara serupa akan terus dilaksanakan pemberian susu untuk Ibu hamil,” jelas Yunita.

Turut hadir dalam acara ini Camat Muara Batang Toru, Ketua TP PKK Muara Batang Toru, Kepala Puskesmas UPT Hutaraja, Kepala Desa dan Lurah Se Kecamatan Muara Batang Toru, Ketua TP PKK Desa dan Kelurahan dan PNS Kantor Camat Muara Batang Toru.

(Galung)