Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh Tahun 2023

buserdirgantara7
147
×

Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Img 20231229 120905

Meulaboh , Buserdirgantara7com — Jumat 29 Desember 2023, Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh memiliki tugas, fungsi, dan peran dalam rangka memberikan pelayanan Keimigrasian kepada Warga Negara Indonesia dan Orang Asing serta pengawasan dan penegakan hukum Keimigrasian di wilayah yang meliputi 8 (delapan) wilayah kerja yang terdiri dari 7 Kabupaten,

yaitu Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Simeulue dan 1 (satu) Kota yaitu Kota Subulussalam.

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh juga memiliki Unit Kerja Kantor (UKK) imigrasi di Tapaktuan untuk memberikan pelayanan pembuatan Dokumen Perjalanan bagi WNI.

Selama periode tahun 2023 Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh telah melaksanakan capaian kinerja di bidang pelayanan keimigrasian, pemberian informasi keimigrasian, pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian, serta inovasi keimigrasian dalam rangka pelaksanaan tugas yang berpedoman kepada Profesionalitas, Akuntabilitas, Sinergitas, Transparan dan Inovatif.

Jumlah permohonan Penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (Paspor) yang telah dilayani di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh pada tahun 2023 sejumlah 6.658 Paspor biasa 48 Halaman dan sejumlah 123 Paspor Elektronik 48 Halaman, Sedangkan untuk permohonan Penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (Paspor) yang telah dilayani di Unit Kerja Kantor (UKK) Tapaktuan di tahun 2023 sejumlah 4.772 Paspor 48 Halaman. Total keseluruhan penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia 11.553 paspor.

Img 20231229 114359(Total 160)

Di tahun 2023 Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh telah melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian dan dilakukan pendeportasian terhadap seorang WNA asal Australia pada Kamis 8 Juni 2023, melakukan pelanggaran keimigrasian di Kabupaten Simeulue an. Risby Jones Bodhi Mani (23 tahun).

Saat ini jumlah TKA di wilayah kerja kantor Imigrasi Meulaboh sebanyak 229 orang. Disamping itu, kanim meulaboh selama periode 2023 telah mendapatkan reward atau penghargaan baik dari internal maupun dari eksternal diantaranya: Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) 6 Kategori dengan Nilai Sempurna Periode Triwulan 1 Tahun anggaran 2023.

Dari Kantor KPPN Meulaboh
Capaian Nilai Aplikasi Smart (Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu) Terbaik. Dari Kanwil kemenkumham Aceh
Sebagai instansi Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) dari Menteri Hukum dan Ham RI.

Satuan kerja dengan IKPA terbaik 1 kategori Pagu Sedang tahun Anggaran 2023. Dari kantor KPPN Meulaboh. Dalam rangka meningkatkan pelayanan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh juga selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian terhadap masyarakat dengan senantiasa melakukan inovasi – inovasi untuk memenuhi harapan masyarakat yang menuntut adanya peningkatan kualitas pelayanan publik yang semakin cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Inovasi unggulan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh yang dapat dinikmati masyarakat diantaranya Eazy Passport, Imigrasi Meulaboh Obral Layanan, Podcast Imigrasi Meulaboh Ramah (POMEURAH), Pusat Layanan Paspor Online (PUSLAPOR ONLINE), Digital Form Pelaporan Orang Asing (DIFPORA), Manjemen Aset BMN Berbasis Digital dan penyebaran informasi dalam bahasa asing untuk WNA dalam bentuk Barcode.

Untuk membangun citra positif kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh memiliki kanal media sosial resmi yang dikelola secara aktif diantaranya instagram, facebook, twitter, youtube, dan website.

Untuk mengakomodir pengaduan dari masyarakat, imigrasi Meulaboh memiliki nomor dan email resmi serta layanan live chat yang dapat dihubungi selama hari kerja. Kerjasama dengan media lokal dan nasional juga telah terjalin secara dinamis dalam hal publikasi dan penyebaran informasi keimigrasian, (Rd)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458