Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Cek Kesiap Siagaan Personil Jelang Pemilu, Polres Subang Lakukan Giat Simulasi Antisipasi Kerusuhan

buserdirgantara7
72
×

Cek Kesiap Siagaan Personil Jelang Pemilu, Polres Subang Lakukan Giat Simulasi Antisipasi Kerusuhan

Sebarkan artikel ini
Img 20231020 Wa0160

SUBANG, Buserdirgantara7com — Dalam rangka mengecek sekaligus mempersiapkan diri dan mental personil Polres Subang sebagai bentuk antisipasi seandainya terjadi kerusuhan saat Pemilu nanti, Polres Subang menggelar giat simulasi antisipasi terjadinya kerusuhan pagi tadi, Jumat, 20 Oktober 2023 sekitar pukul 08.00 WIB, bertempat di Jl.

Img 20231020 Wa0159Ks.Tubun Kel. Karanganyar Kec/Kab. Subang.

Giat simulasi tersebut dipimpin dan dihadiri oleh Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, S.Si., M.M.,
Dandim 0605/Sbg, Letkol Inf. Bambang Radtya, M.Han., Kapolres Subang AKBP, Ariek Indra Sentanu, S.H., S.I.K., M.H., Kajari Subang, Dr. Akmal Kodrat, S.H., M.Hum.,
Wakapolres Subang, Kompol Endar Supriyatna, S.KOM., S.I.K., Kabag Ops Polres Subang, Kompol Iwan Setiawan, S.H., Kasie Ops Sat Brimob Polda Jabar, AKP Heru Mustoko, S.Kom., M.M., Kasat Poldam Kab. Subang, Indri Tandiya, S.Stp., M. Si., Kadishub Kab. Subang, Asep Setya Permana, Ketua KPU Kab. Subang Suryaman, Ketua Bawaslu Kab. Subang, Achmad Mansur, S.I.Kom., Ketua MUI Kec. Subang, KH Arif Rustandi, Para PJU Polres Subang, Para Camat se – Kab. Subang, Para Kapolsek Jajaran Polres Subang, Perwakilan Para Ketua Parpol, beserta Perwakilan Para Ketua Ormas,sebanyak 65 orang beserta seluruh peserta kegiatan yang berjumlah 960 orang.

Dengan susunan pasukan sebagai berikut,
1. 1 SST Regu Negosiator Gabungan Bhabinmas dan Polwan Polres Subang.
2. 2 SST Dalmas Kerangka (Gabungan Polsek Rayon)
3. 2 SST Dalmas inti
4. 1 Kompi Sat Brimob Polda Jabar
5. 1 SST Den 45 Brimob
6. 1 SST Sat Lantas Polres Subang
7. Tim Bulshit
8. 1 SST TNI AD
9. 1 SST Linmas
10. 1 SST Dishub
11. 1 SST Damkar
12. 1 SST Sat Pol pp.
13. 1 SST Security
14. Tim bulshit.

Adapun Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya, acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pembacaan Do’a.

Setelah itu dilakukan giat rangkaian Devile Personil dan kendaraan.

Memasuki giat simulasi Skenario Latgab Sispamkota, dengan alur adanya pendukung/massa salah satu paslon X yang tidak terima atas tidak lolosnya verifikasi oleh KPU). Dari eskalasi hijau sampai dengan merah (6 tahapan).

Selanjutnya Polres Subang melakukan Patroli Sinergitas TNI Polri bersama Instansi terkait, serta melalukan Trauma Healing.

Dalam giat tersebut Wakil Bupati Subang H. Agus Masykur Rosyadi memberika apresiasi yangsetinggi tingginya kepada kapolres dan jajaran, Diharapkan telah dilaksanakannya kegiatan ini semua unsur dapat mengawal pemilu 2024.

Kepada semua pihak terkait penyelenggaraan pemilu dan masyarakat pada umumnya, berkewajiban menjaga dan mengawal tahap demi tahap pelaksanaan Pemilu serentak 2024 sehingga terlaksana sukses dengan asas yang dilaksanakan secara langsung, umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil.

Setiap petugas Pengamanan pemilu melaksanakan tugasnya berdasarkan standar operasional prosedur cepat tepat cermat terukur dan dengan hasil maksimal.

Setiap petugas pengamanan Pemilu harus bersikap Netral tidak terlibat maupun berpihak kepada peserta maupun simpatisan peserta pemilu tertentu dan menjalankan tugas sesuai dengan kewajiban dan kewenangannya masing-masing.

Semua unsur harus mampu bekerja sama dan berkoordinasi yang baik terutama antara pimpinan dengan anggota tim Pengamanan Pemilu dan dengan semua pihak terkait di dalam masyarakat.     (Jajang)