Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Deklarasi Pemilu Damai 2024, Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Mari Ciptakan Pemilu Yang Berkualitas

buserdirgantara7
92
×

Deklarasi Pemilu Damai 2024, Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Mari Ciptakan Pemilu Yang Berkualitas

Sebarkan artikel ini
Img 20231018 Wa0188

Padangsidimpuan (Sumut) – Buser Dirgantara 7com.- Untuk mengantisipasi potensi kerawanan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe , S.K.M, M.Kes, hadiri acara “Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024” yang digelar di aula hotel Sitamiang, Rabu (18/10/23).

Img 20231018 Wa0189
Acara deklarasi Pemilu Damai ini diikuti sebanyak 13 Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024, Pemerintah Kota Padangsidimpuan, KPU, Bawaslu, serta Tokoh masyarakat sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Pemilu yang aman, jujur, dan adil di Kota Padangsidimpuan.

Selain di hadiri Pj. Wali Kota, Deklarasi ini juga di hadiri oleh Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, SH, S.IK, MH, Dandim 0212/TS Letkol. Inf. Amrizal Nasution, Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto SH, MH, dan pimpinan OPD Padangsidimpuan.

Ada lima poin komitmen pada Deklarasi Pemilu Damai ini yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota Padangsidimpuan yang diikuti oleh seluruh Partai Politik peserta Pemilu yaitu :

1. Siap mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. 2. Siap mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dengan menjunjung tinggi etika martabat Bangsa dan Negara serta menaati peraturan yang berlaku. 3. Menolak segala bentuk kekerasan, intimidasi dan provokasi yang berimplikasi terjadinya polarisasi dalam masyarakat.

4. Menolak hoax, ujuran kebencian, politisasi SARA dan politik uang. 5. Menghormati dan menerima hasil pemilihan umum 2024.

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe, S.K.M, M.Kes pada kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa Pemilu 2024 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan.

“Pemilu tahun 2024 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan, untuk itu, demi terciptanya Pemilu yang aman, damai dan sejuk, mari kita bersama – sama bersinergi mendukung terwujudnya Pemilu yang berkualitas, dan hindari pertikaian, kekerasan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa,” pinta Letnan.

Letnan juga menghimbau kepada pasangan calon, massa pendukung serta semua pihak agar mampu bersikap Bijak dan Arif untuk menghindari gesekan – gesekan yang dapat menimbulkan keresahan dan konflik di tengah – tengah masyarakat.

Sedangkan Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, SH, S.IK, MH berharap agar pelaksanaan Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan lancar.

“Saya berharap agar pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan datang dapat berjalan dengan aman dan lancar. Dan di era digitalisasi sekarang ini agar menjaga diri karena jejak digital tidak akan hilang atau dapat dihapus,” ungkapnya.

Acara Deklarasi Pemilu Damai ini di warnai dengan penandatanganan komitmen bersama, yang dilakukan oleh para Pimpinan Partai Politik bersama Pj. Wali Kota, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0212/TS, mewakili Danyon 123/RW, mewakili Kajari, dan Ketua KPU Kota Padangsidimpuan.

(Galung)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458