Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Ditbinmas Polda Aceh Sosialisasikan Perpol No.09 Tahun 2021 pada Rutan Sigli

buserdirgantara7
138
×

Ditbinmas Polda Aceh Sosialisasikan Perpol No.09 Tahun 2021 pada Rutan Sigli

Sebarkan artikel ini
Img 20231205 163149

Sigli, Buserdirgantara7com – Dit Binmas Polda Aceh melaksanakan kegiatan pembinaan dan Penyegaran terhadap Kepolisian Khusus (Polsus) di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh, Selasa (5/12/2023).

Kegiatan yang dikemas dalam Pembinaan dan Koordinasi Polisi Khusus (Binkorpolsus) dipimpin langsung oleh Kasi Binlat Ditbinmas Polda Aceh, Kompol Saiful Anam, STP. M.M dan Kasi Korwas Polsus Ditbinmas AKP El Futri. di Aula Rutan Sigli dengan peserta kegiatan Adalah Anggota Polsus Rutan Sigli.

Img 20231205 163302“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Polda Aceh . Seperti halnya Polsuspas yang mempunyai tugas pokok untuk mengemban sebagian fungsi kepolisian baik secara Preventif, Persuasif, dan Represif dalam rangka penegakan peraturan perundang-undangan.

Maka dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama dan kekompakan petugas pemasyarakatan khusususnya di Rutan Sigli sekaligus juga dapat menambah sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya”, ungkap , Kompol Saiful Anam, STP. M.M dalam sambutannya.

Tugas Polsuspas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) memang memerlukan kekhususan yang berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil biasa. Untuk itu diperlukan keterampilan dan kemampuan yang “lebih”. Sebagaimana fungsi Rutan, tidak lagi semata-mata untuk menghukum orang-orang yang melakukan kejahatan tetapi lebih kepada upaya pemasyarakatan terpidana. Artinya tempat terpidana sungguh-sungguh dipersiapkan dengan baik agar kelak setelah masa hukumannya selesai akan kembali ke masyarakat dengan keterampilan tertentu yang sudah dilatih di Rutan.

Dihadapan petugas Pemasyarakatan Rutan Sigli , AKP El Futri menyampaikan materi terkait Peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 tentang Kepolisian Khusus dan persyaratan pembuatan KTA polsus.

“Semoga dengan adanya penguatan ini bagi satuan Polsuspas di Rutan Sigli ini dapat memberikan semangat dan edukasi bagi para pegawai Rutan Sigli , baik itu staf maupun petugas pengamanan dalam menjalankan tugas yang mulia ini, saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat sekaligus rutin dan terus dilaksanakan di Rutan Sigli ini”, ungkap Kompol Saiful Anam, STP. M.M

Kepala Kesubsi Pengelolaan , Andrian S.H mengapresiasi dan berterima kasih atas penguatan yang diberikan, dan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan konsisten dan rutin guna memberikan penguatan dan edukasi bagi polsuspas di Rutan Gianyar

“Terima kasih atas kunjungan dan penguatan yang diberikan di Rutan Sigli , kegiatan ini merupakan wujud sinergitas Kemenkumham dan Kepolisian, semoga dengan adanya penguatan ini dapat memberikan semangat dan edukasi dalam menjalankan tugas pemasyarakatan di Rutan Sigli lebih optimal lagi,” ujar Andrian S.H.

Kepala Rutan Sigli, A Halim Faisal A.Md.IP, SH juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian khususnya Dit Binmas Polda Aceh atas pembinaan yang diberikan kepada Polsuspas Rutan Sigli untuk menjalankan tugas dan fungsinya dan berharap bisa bermanfaat bagi rekan-rekan Polsus Rutan Sigli

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungannya mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi rekan-rekan Polsus Rutan Sigli agar bisa lebih mengerti dan memahami terkait kewenangan serta tugas dan tanggung jawab Kepolisian Khusus di Rutan Sigli” tutup A Halim Faisal.

(Rd)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458