Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Dolly dan Rosalina Hadiri Acara “Pasombu Lungun Parsadaan Pasaribu Boru-Bere se-Tapsel dan Kota Padangsidimpuan”

buserdirgantara7
108
×

Dolly dan Rosalina Hadiri Acara “Pasombu Lungun Parsadaan Pasaribu Boru-Bere se-Tapsel dan Kota Padangsidimpuan”

Sebarkan artikel ini
Img 20231203 Wa0118

Tapanuli Selatan (Sumut) – Buser Dirgantara 7com.- Dolly Pasaribu yang merupakan Pembina Parsadaan Pasaribu Boru-Bere se-Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan menghadiri acara “Pasombu Lungun” yang dipusatkan di Dusun Maragordong, Desa Marisi, Kecamatan Angkola Timur, kabupaten itu, pada Minggu (3/12).

Bersama Ny. Rosalina Siregar rombongan Bupati disambut para kahanggi (para Marga Pasaribu) dengan cara di ulosi (disandingkan abit godang atau kain ulos khas batak).

Acara “Pasombu Lungun Parsadaan Pasaribu Boru-Bere se-Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan” itu dirangkai dengan mangupa-upa “Ungkapan do’a diselingi nasihat dari para orang tua atau sesepuh dalam adat istiadat orang Batak Angkola/Mandailing”.

Mangupa-upa sendiri dilaksanakan sebagai ungkapan mereka dari para “Dongan Tubu” untuk menyemangati Dolly dan Ketua TP. PKK dalam mengemban amanah memimpin Kabupaten Tapsel serta menyampaikan harapan mereka di masa yang akan datang.

“Saya dan Ketua TP. PKK mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua kahanggi, mora, dan anak boru. Acara Pasombu lungun ini adalah bukti kita kompak satu sama lain ibarat satu keluarga besar di Tapanuli Selatan ini,” sebut Dolly.

Dolly menambahkan, atas dukungan kahanggi, mora anak boru (dalihan natolu) di lingkungan Marga Pasaribu untuk membangun daerah itu, Bupati Tapsel dan Ketua TP. PKK mengucapkan terimakasih.

“Semoga dengan kekompakan yang hangat ini, menjadikan kita lebih semangat lagi untuk melanjutkan pembangunan Tapanuli Selatan yang lebih baik kedepan,” ujar Dolly.

Dolly mengungkapkan bahwa kegiatan membesarkan Parsadaan ini tak lain untuk melanjutkan apa yang sudah dimulai Almarhum Panusunan Pasaribu, ketika beliau menjabat sebagai Bupati Tapanuli Tengah pada tahun 1995 silam.

Setiap ada undangan pengajian Parsadaan Pasaribu Muslim, Almarhum selalu mengupayakan hadir. Termasuk, beliau yang mempersatukan Komunitas Hatabosi yang baru-baru ini membawa Tapsel menjadi Kabupaten Terbaik se-Indonesia dalam ajang I-SIM SDG’s Action Award 2023.

Apalagi almarhum pernah berpesan, untuk selalu memperhatikan saudara-saudara semarga dalam Parsadaan Pasaribu Boru-Bere.

Disisi lain, Parubahan Pasaribu atau akrab disapa Uba dalam laporannya sebagai Ketua Panitia menjelaskan “Pasombu Lungun Parsadaan Pasaribu Boru-Bere se-Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan” merupakan acara temu ramah sesama marga Pasaribu, juga Mora dan Anak Boru.

“Pandemi yang melanda kita semua, tentu menghalangi kita untuk berkegiatan, namun sekarang disinilah waktunya kita temu ramah yang mana tujuan utamanya yakni, untuk mempererat silaturahmi di lingkungan Marga Pasaribu meliputi Kahanggi, Mora, dan Anak Boru ini,” terangnya.

Parubahan Pasaribu menambahkan, keberlangsungan acara itu tak lain dan tak bukan adalah berkat semua dukungan dari Marga Pasaribu baik, di Tapsel-Padangsidimpuan, bahkan perantau sekalipun.

“Pertama kami ucapkan terima kasih atas dukungan adinda Bupati Dolly Pasaribu, begitu juga dengan dukungan marga Pasaribu yang berada di perantauan yang tetap kompak sehingga acara ini berjalan dengan sukses yang kita rasakan hari ini,” tutupnya.

(Galung)