Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

FBBN, IPB University Bangkitkan Produksi Buah dan Bunga Lokal Indonesia

buserdirgantara7
69
×

FBBN, IPB University Bangkitkan Produksi Buah dan Bunga Lokal Indonesia

Sebarkan artikel ini
Img 20230922 Wa0278

Bogor,–Dirgantara7.com // Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN) 2023 resmi dibuka di Kampus IPB Baranangsiang, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (22/9/2023). Gelaran FBBN ke-10 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis IPB University.

“Tujuannya untuk membangkitkan semangat kita untuk memproduksi buah dan bunga yang ada di tanah air kita,” ujar Rektor IPB University, Arif Satria,

Rektor mengatakan, saat ini IPB  terus berusaha menghasilkan varietas-varietas unggul untuk bunga maupun buah. IPB juga sudah melaunching bunga Marigold. Bunga Marigold ini merupakan bunga yang biasa dipakai untuk acara ibadah Hindu di Bali. Namun selama ini benih dari bunga Marigold di impor dari Thailand.

“Kami berusaha untuk menghasilkan benih varietas sendiri sehingga tidak perlu tergantung lagi pada impor dan kita sudah bisa membuat varietas dari warna kuning menjadi warna merah dan warna putih. Marigold ini bisa untuk upacara keagamaan, bisa untuk makanan dan juga bisa untuk minuman,” jelasnya.

Rektor IPB University menuturkan, kaitan dengan buah-buahan pihaknya juga sudah berusaha untuk menghasilkan varietas-varietas unggul yang sudah di ekspor ke 11 negara, seperti Pepaya Karina, Nanas dan produk-produk buah-buahan lainnya yang sekarang sedang didorong untuk bisa menjadi produk ekspor.

“Hal terpenting kita membutuhkan iklim yang kondusif untuk bisa terus melindungi buah-buahan Nusantara ini agar petani Indonesia semakin bergairah untuk produksi sehingga bisa membatasi dan mengendalikan laju impor buah-buahan,” tegasnya.

Ia berharap dengan adanya FBBN semangat mendorong produk lokal akan semakin tinggi karena kalau impor buah akan membuat petani dalam negeri tidak semangat untuk berproduksi. Selain mendorong agar petani semangat produksi pihaknya juga sembari menciptakan pasar bagi pertani agar mereka bisa menikmati hasil dari proses produksinya.

“Di FBBN 2023 ini juga kami kembali mengenalkan buah-buahan langka seperti buah Semanggi, Buah Menteng, Buah Kemang, Buah Gandaria yang sudah banyak orang tidak mengenalnya,” katanya.

(Evan)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458