Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Hadir di Acara HUT IBI ke-72, Wabup Garut Akui Kiprah IBI Semakin Dirasakan Masyarakat

buserdirgantara7
163
×

Hadir di Acara HUT IBI ke-72, Wabup Garut Akui Kiprah IBI Semakin Dirasakan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Img 20230916 Wa0179

GARUT, Garut Kota, – Dirgantara7.com // Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, dan sang istri, dr. Hani Firdiani Budiman, turut menghadiri Seminar Kesehatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Gedung Pendopo Garut, Sabtu (16/09/2023).

IMG-20230916-WA0180

Dalam kesempatan tersebut, dr. Helmi Budiman menyampaikan ucapan selamat kepada IBI yang genap berusia 72 tahun. Ia berharap kontribusi IBI semakin meluas dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dan tentu saya berharap organisasi dan seluruh anggota IBI-nya juga makin diberkahi oleh Allah SWT,” ujar Wabup Garut.

Wabup Garut juga mengajak seluruh anggota IBI untuk bersatu dalam upaya transformasi kesehatan di Kabupaten Garut. Diakui dr. Helmi, masih terdapat tantangan, termasuk dalam menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI/AKB).

“Kita beberapa hal yang harus dibenahi, terutama penurunan angka kematian ibu dan bayi. Saya berharap ini kita satu langkah, agar ada penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Garut, Enok Kurniatina, menekankan pentingnya peran bidan dalam meningkatkan kesehatan ibu dan bayi. Menurutnya, kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang bayi dan balita merupakan fokus utama.
Ia juga menyoroti isu stunting dan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Garut, mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengatasi masalah tersebut.

Dalam era transformasi kesehatan yang terus berkembang, Enok yakin bahwa para bidan, khususnya yang tergabung dalam IBI, mampu mengatasi tantangan dengan semangat, kompetensi, serta pengetahuan yang kuat.

“Dibutuhkan kerjasama yang erat antara pemerintah, ikatan bidan Indonesia, tenaga kesehatan, (hingga) masyarakat, untuk mencapai tujuan bersama dalam peningkatan kualitas pelayanan kebidanan,” tutur Enok.

Dalam rangka HUT ke-72 IBI, PC IBI Kabupaten Garut, Enok menerangkan, pihaknya telah menggelar berbagai kegiatan, termasuk bakti sosial, penghormatan kepada sesepuh IBI, dan kegiatan Seminar Kesehatan dengan narasumber ahli dalam bidang kebidanan.

Sedangkan kegiatan seminar bertemakan “Satukan Langkah dalam Transformasi Bidang Kesehatan untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti” ini dihadiri lebih dari 1.000 peserta dari berbagai instansi terkait kesehatan, terdiri dari pengurus cabang dan ranting, perwakilan Puskesmas, perwakilan organisasi profesi, hingga peserta seminar online berjumlah 724 orang, dengan Narasumber utama, dr. H. Dadan Susandi, SpOG (K), dari RSUD dr. Slamet Garut, memaparkan materi mengenai “Peran Pemeriksaan Antenatal Berkualitas sebagai Skrining Awal Risiko Tinggi Kehamilan.”

Dengan semangat memperingati HUT ke-72, IBI Kabupaten Garut berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kesehatan ibu, bayi, balita, dan anak prasekolah, sesuai visi Garut yang bertaqwa, maju, dan sejahtera.

“Insya Allah kami berjanji akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik, khususnya kepada Ibu, bayi, balita, anak prasekolah, bagi masyarakat Garut, menuju visi Garut yaitu Garut yang bertaqwa, maju, dan sejahtera,” tandasnya.

(Ahmad Deni)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458