Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Haul Abu Lueng Angen Akan Digelar 8 Juni, Diperkirakan 30 ribu Lebih Jamaah Akan Padati Dayah Darul Huda

buserdirgantara7
247
×

Haul Abu Lueng Angen Akan Digelar 8 Juni, Diperkirakan 30 ribu Lebih Jamaah Akan Padati Dayah Darul Huda

Sebarkan artikel ini
Img 20230607 094635

Aceh Utara, Buserdirgantara7com – Haul atau peringatan wafat Abu H. Muhammad Daud Ahmad yang pertama atau yang lebih dikenal dengan Abu Lueng Angen akan dilaksanakan pada Kamis, (08/06/2023) mendatang, bertempat di Komplek Dayah Darul Huda Lueng Angen Gampong Krueng Lingka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara.

Peringatan Haul Abu Lueng Angen tersebut tinggal beberapa hari lagi. Terkait pelaksanaan itu Tgk Tarmizi atau yang akrap di panggil Abu Cut Lueng Angen selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, sampai saat ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapan.

“Acara haul akan kita laksanakan pada hari kamis tanggal 8 juni 2023 M atau bertepatan pada 19 Dzulka’dah 1444 H, acara ini kami laksanakan di Komplek Dayah Darul Huda Lueng Angen Kecamatan Langkahan Kebupaten Aceh Utara” ungkap Abu Cut pada acara Rapat Teknis pelaksanaan Haul Abu Lueng Angen di Dayah Mihibbul Huda Pantee Panah beberapa hari yang lalu.

Diperkirakan sekitar tiga puluh ribu lebih jamaah akan memadati Dayah Darul Huda pada acara Haul pertama Abu Lueng tersebut. Pasalnya Abu Lueng Angen adalah merupakan sosok ulama kharismatik Aceh yang sangat dicintai oleh masyarakat.

Abu Cut menjelaskan tamu yang akan hadir sikitar 30 ribu lebih bahkan mencapai 40 ribu dengan rincian yang utama adalah para Alumni Dayah Darul Huda dari semenjak Dayah ini berdiri sampai sekarang, kemudian para pimpinan Dayah yang ada di Aceh dan luar Aceh.

“Kemudian turut kami sampaikan undangan juga pada seluruh organisasi keagamaan misalnya Tafstafi, Sirul Mubtadin, Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), MPU, dan lainnya. Selain itu lembaga Pemerintah juga telah kami kirimkan undangan baik mulai tingkat Muspika, Muspida bahkan tingkat Propinsi,” jelas Abu Cut yang juga merupakan Menantu dari Abu Lueng Angen.

Selain itu, Abu Cut juga menyampaikan bahwa untuk seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan sekitar Dayah Darul Huda Lueng Angen itu juga turut disampaikannya undangan.

“Begitu juga untuk seluruh masyarakat di sekitar Dayah, yang dari dulu sudah bersama sama hidup dengan Almarhum yang mulia Abu juga turut kami berikan undangan bahkan orang tua santri juga dipastikan akan hadir untuk melantunkan doa bersama kepada Abu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Abu Cut juga menghaturkan terima kasih kepada seluruh alumni yang telah berpartisipasi dalam rangka mempersiapakan acara ini jauh-jauh hari.

Adapun mengenai agenda acara pada hari Haul tersebut, Abu Cut menjelaskan acara dimulai pada jam 08.00 WIB, diawali dengan pembacaan Al-Quran, kemudian dilanjudkan dengan pengukuhan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Alumni Dayah Darul Huda Lueng Angen Masa Bakti 2023 -2028.

Kemudian dilanjutkan dengan doa bersama, sambutan Ketua Panitia dan Pimpinan Dayah Darul Huda, Pembacaan Profil atau Manaqib Abu Lueng Angen.

Sementara tausiah dikabarkan akan di sampaikan oleh Tgk H. Nuruzahri atau yang akrab disapa Waled NU Samalanga dan dilanjutkan dengan acara kenduri bersama.

“Mudah-mudahan acara ini terlaksana sebagai mestinya,” ujar Abu Cut.

Sebagaimana diketahui, bahwa wafatnya Abu Muhammad Daud bin Ahmad telah genab setahun, Abu Lueng Angen adalah ulama yang disayang oleh masyarakat. Sekembalinya Abu Lueng Angen Kehadirat Allah yang maha Kuasa abu Meninggalkan Dayah Darul Huda yang sampai saat ini minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan putra putrinya di Dayah ini sangat tinggi.

Sehingga tidak heran Dayah Darul Huda saat ini mempunyai ribuan santri yang sekarang dipimpin oleh Putra Almarhum Abu Lueng Angen sendiri yaitu Tgk. Muzakkir atau yang lebih akrab dipanggil Ayah Muzakkir Lueng Angen.

(ADM)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458