Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Berita

IMAG 2023 Tingkatkan PAD Kota Bogor

wk543058
85
×

IMAG 2023 Tingkatkan PAD Kota Bogor

Sebarkan artikel ini
Img 20231101 Wa0187

Bogor,–Dirgantara7.com // Indonesia Martial Art Games (IMAG) atau Pekan Olahraga Beladiri Nasional Tahun 2023 sukses digelar di Kota Bogor dan Bekasi. Diujung kompetisi, kontingen Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum dengan raihan 53 medali emas.

Closing ceremony dilangsungkan di Balai Kota Bogor, Selasa (31/10/2023) malam. Dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, Ketua KONI Jawa Barat dan disambut Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim selaku ketua penyelenggara daerah.

“Ini momen bersejarah, penyelenggaraan IMAG pertama kalinya diselenggarakan. Jadi ini adalah inovasi baru yang dicanangkan KONI Pusat, dimana ini rencananya event dua tahunan khusus beladiri,” kata Menpora.

Ia melaporkan, ada sembilan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Ajang ini sekaligus babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut. Inovasi IMAG ini pula, sebagai salah satu upaya pembinaan para atlet yang ada di tanah air.

IMAG ini, kata Menpora, akan berkembang menjadi banyak versi. Seperti khusus pekan olahraga remaja dan pekan olahraga pantai. Dito optimis, penyelenggaraan dua inovasi itu tak kalah dari IMAG yang sudah terbukti.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pemkot Bogor dan Bekasi yang menjadi tuan rumah IMAG pertama ini. Ini tanda bahwa kolaborasi antara pusat dan daerah berjalan,” sambung Menpora.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, bahwa selain sejarah IMAG dilangsungkan pertama kali di Kota Bogor, ada sirkular ekonomi yang cukup tumbuh. Dalam kurun dua belas hari penyelenggaraan IMAG, tercatat ada sekitar Rp 10 hingga 12 Miliar pendapatan asli daerah (PAD).

“Kegiatan olahraga juga ternyata berdampak pada ekonomi Kota Bogor. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak dan permohonan maaf apabila masih ada kekurangan untuk seluruh peserta,” tegasnya.

Tak lupa Dedie juga mengingatkan bahwa kesuksesan IMAG ini menjadi pemicu dan pembelajaraan untuk persiapan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat Tahun 2026 mendatang.

“Mudah – mudahan dapat bantuan langsung dari Mas Menteri ini, terutama untuk revitalisasi GOR Pajajaran dan Insya Allah pembangunan Kampung Atlet serta perbaikan sarana – prasarana keolahragaan lainnya,” ungkap Dedie.

(Muhtaryana)