Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Kak Syarifah Buka JOTA dan JOTI Pramuka Kota Bogor 2023

buserdirgantara7
45
×

Kak Syarifah Buka JOTA dan JOTI Pramuka Kota Bogor 2023

Sebarkan artikel ini
Img 20231024 Wa0102

Bogor,–Dirgantara7.com // Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor menggelar kegiatan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) tahun 2023 Tingkat Kota Bogor yang digelar di Mall Boxies,  20 – 22 Oktober 2023.

Pada kesempatan itu, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Syarifah Sofiah memberikan sambutan dan arahannya secara virtual. Ia kembali mengingatkan mengenai fokus Kota Bogor yang berkonsep sebagai Heritage City, Green City dan Smart City. Kegiatan JOTA JOTI ini merupakan wujud nyata Gerakan Pramuka dalam mewujudkan Kota Bogor sebagai Smart City, dalam perjalanannya terlihat dimana tahun 2013 warga Kota Bogor baru sekitar 53 persen yang memiliki smartphone kini sudah mencapai 76 persen.

Sekda Kota Bogor ini juga berpesan kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena materi yang akan didapatkan meliputi JOTA JOTI plus kegiatan Penguatan Program Berlalu Lintas, Kesehatan Remaja, Anti Bullying, Radio Amatir dan lainnya yang didukung berbagai instansi, seperti Diskominfo Kota Bogor, Orari, Dishub, Dinkes, PDDI dan lainnya.

Kak Syarifah sapaannya memberikan apresiasi pelaksanaan kegiatan ini yang diharapkan dapat meningkatkan penggunaan teknologi secara positif dan memberikan manfaat yang baik untuk pribadi maupun lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto menyampaikan, kegiatan JOTA dan JOTI ini sudah berlangsung selama 44 tahun atau ke 86 kali. Acara ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan bersama. Sebab, jambore JOTA dan JOTI menghubungkan pramuka seluruh dunia. Selanjutnya Kak Sujatmiko juga mengapresiasi ORARI karena telah memfasilitasi.

“Mudah-mudahan bisa terus membimbing anggota pramuka,” katanya.

Ia juga menekankan Pramuka di dalam JOTA dan JOTI harus memiliki bekal khusus, seperti adaptasi penggunaan teknologi, cara komunikasi universal dan bagaimana komunikasi dengan bahasa yang dipahami dengan seluruh dunia.

Hadir juga Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Kak Nurnawaly Amin yang menambahkan bahwa dalam JOTA JOTI ragam kegiatan bisa diikuti secara langsung, baik program secara global, program nasional maupun beberapa agenda khusus yang dipersiapkan oleh pihak lain.

Peserta dapat melaporkan aktivitasnya selama JOTA JOTI melalui website jotajoti.info. Laporan ini akan diverifikasi untuk mendapatkan badge JOTA JOTI Nasional 2023.

“Semoga pramuka terdepan bukan hanya di bidang teknologi saja, tetapi bahasa asing tidak hanya bahasa inggris tapi bahasa asing lainnya,” harapnya.

Ketua ORARI Lokal Bogor, Dadang Iskandar menuturkan, kegiatan ini rutin dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. JOTA ini ke 86 dan JOTI ke 44. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan tidak terlupakan karena tidak semua bisa mengikuti kegiatan ini.

“Tentunya hanya orang-orang yang terpilih,” katanya.

(Dede Hanapi)