Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Kapolres Subang Hadiri Giat Upacara Peringatan HUT TNI Ke-78 di Lanud Suryadharma Kalijati

buserdirgantara7
89
×

Kapolres Subang Hadiri Giat Upacara Peringatan HUT TNI Ke-78 di Lanud Suryadharma Kalijati

Sebarkan artikel ini
Img 20231006 Wa0102

SUBANG, Buserdirgantara7com – Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu beserta jajaran Forkopimda Subang hadiri giat Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT – TNI) ke-78 di Lanud Suryadharma Kalijati Subang, Kamis, 05 Oktober 2023 sekitar pukul 08.00 WIB, bertempat di Apron Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma.

Hadir dalam giat yang meriah tersebut diantaranya, Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si., Wakil Bupati Subang, H. Agus Masykur Rosyadi, Dandepo 90, Kolonel Tek Verry, S.T., Danwingdik 300/Tek, Kolonel Tek Deddy Cahyadi,
Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0605/Subang diwakili Kasdim, Mayor Inf Rochmani Nurbianto,
Danyonif 312/KH, Mayor Inf Nizar Bachtiar, Danposal Blanakan, Letda Laut (P) Bahrudin, Sekda Subang, Asep Nuroni, yang mewakili Bupati Karawang dan Purwakarta, Para Kepala Dinas Lanud Suryadarma,
Para Perwira Pejabat Lanud Suryadarma, Para Danramil Wil Kodim Subang, Para Unsur Forkompinda Subang, Para Pimpinan Organisasi Wanita Kab. Subang, Pimpinan BUMN/BUMD Subang, Para LVRI Subang dan Warakawuri, dengan jumlah peserta upacara sebanyak 700 personil.

Adapun susunan pasukan dalam giat tersebut diantaranya,
Kompi I
1 SST Pama TNI AD
1 SST Pama TNI AU
1 SST Pama TNI AU Insub

Kompi II
1 SST Kodim Subang
1 SST Lanud Suryadarma
1 SST Depohar 90+TNI AL 5 Pers

Kompi III
1 SST Yonif 312/KH
1 SST Skadron Udara 7
1 SST Skadik 105 Wingdik 100/Terbang

Kompi IV
1 SST Kipan C Yonko 461 Kopasgat
1 SST Skadik 502 Wingdik 500/Umum
1 SST Polres Subang

Kompi V
3 SST Skadik 303 Wingdik 300/Tek

Kompi VI
1 SST PNS Gabungan
1 SST BNPB Subang
1 SST Satpol PP Subag.

Kompi VII
1 SST Komcad Subang
1 SST Menwa Subang
1 SST Pramuka Subang.

Dalam giat tersebut juga digelar kegiatan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana kepada Prajurit TNI.

Selanjutnya dibacakan amanat Panglima TNI oleh Inspektur Upacara yang intinya,
a. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

b. Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah, yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

c. Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

d. Berharap agar setiap prajurit TNI meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas. Pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

e. Laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini,

f. Jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementerian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk.

g. Jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

h. Selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, selalu meridhoi setiap langkah pengabdian kita, demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.

Devile selesai kegiatan dilanjutkan ramah tamah dan panggung prajurit.

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458