Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Kapolsek Ciasem Polres Subang Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kecamatan

buserdirgantara7
84
×

Kapolsek Ciasem Polres Subang Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Img 20231001 Wa0148

Subang, Buserdirgantara7com – Kapolsek Ciasem Polres Subang Kompol Dede Suherman, AMd bertindak selaku Inspektur upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 tingkat Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang yang dilaksanakan di halaman SMK Pertiwi Ciasem.

Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju

Hadir dalam upacara antara lain Kapolsek Ciasem Kompol Dede Suherman, AMd, Danramil 06/05 Ciasem Kampten Arm Agus Supriadi, Camat Ciasem Eza Zaiton, Sekmat Alex, Kasi trantib Didi, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kades Ciasem Girang Tahroni, Kakorwil Pendidikan Asep, Uptd Pertanian Mad Anwar, Para Kepala sekolah dan Pelajar.

Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Ciasem mengatakan, memahami sejarah bangsa Indonesia penting bagi seluruh generasi maupun rakyat Indonesaia, terkhusus bagi generasi muda atau generasi milenial seperti hari ini memperingati sejarah Hari Kesaktian Pancasila yang selalu diperingati pada tanggal 1 Oktober.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang kembali bagaimana Pancasila sebagai dasar negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkannya.

Keteguhan Pancasila yang diterjang berbagai upaya membelokkan ideologi bangsa menjadikannya pusaka yang diakui kesaktiannya maka dari itu peringatan ini sebagai tanda penghormatan pada para pejuang yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI.

“Dengan memahami sejarah yang pernah terjadi serta memaknai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, maka rasa Patriotisme dan Nasionalisme serta memperkuat Persatuan dan Kesatun terus tumbuh dan berkembang serta menjadi bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara ,“ ungkapnya.

Menurutnya, Hari Kesaktian Pancasila mempunyai makna yang sangat mendalam dan penting bagi bangsa Indonesia, yakni sebagai upaya memperteguh peranan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia yang tidak bisa di rusak oleh siapapun.

Hari Kesaktian Pancasila ini diperingati untuk mengingat bahwa Indonesia pernah memiliki sejarah yang begitu kelam. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen kebangkitan bagi rakyat Indonesia untuk meningkatkan jiwa serta rasa patriotisme dan nasionalisme serta memperkuat persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia tercinta ini.

“Hari kesaktian Pancasila memiliki makna yang luhur untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme serta mengembalikan dasar negara, yakni Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” pungkasnya.

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458