Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Rutan Sigli Konsisten Lakukan Tes Urin Berkala Kepada WBP

buserdirgantara7
118
×

Rutan Sigli Konsisten Lakukan Tes Urin Berkala Kepada WBP

Sebarkan artikel ini
Img 20240201 125247

Sigli, Buserdirgantara7com – Terapkan prinsip ‘Waspada jangan-jangan’ dan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) serta sebagai wujud keseriusan dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh lakukan tes urin terhadap puluhan warga binaan, Kamis (01/02/2024).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Sigli, A.Halim Faisal dengan didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Makhriza) dan Kasubsi Pelayanan Tahanan (Riki Apriyansah).

Img 20240201 125424Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh A. Halim Faisal, A.Md.IP.,S.H mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara mandiri dan ditangani oleh Tim Kesehatan Rutan, dengan sampel 66 warga binaan yang dipilih secara acak disetiap kamar hunian.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh warga binaan.”Alhamdulillah” dari 66 warga binaan yang mengikuti tes urin semuanya menunjukkan hasil negatif,” ungkap Faisal.

Saat awak media ini singgung bila terjadi penyalahgunaan narkotika didalam rutan oleh WBP dan Pegawai bagaimana pak? Dengan tegas Faisal menjawab, tidak akan mentolerir segala bentuk penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh warga binaan maupun pegawai dan kegiatan tes urin ini akan dilakukan secara berkala. “Kita tidak bosan bosannya melakukan kegiatan tes urin kepada WBP karena kita ingin Rutan Kelas IIB Sigli ini WBP nya benar-benar steril dari penyalahgunaan narkoba, kita juga tidak akan mentolerir segala bentuk penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh warga binaan maupun pegawai,” ucapnya.

“Mudah mudahan dengan dilakukannya kegiatan tes urin secara berkala ini Rutan Kelas IIB Sigli benar benar dapat terbebas dari peredaran narkoba dan tidak ada lagi pemberitaan miring yang mengarah kepada Rutan/Lapas kita sehingga secara perlahan dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat bahwa Rutan/Lapas adalah tempat pembinaan bagi WBP,” tutup Karutan. (Rd)