Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Kasatpol PP Lutim, Linmas Berperan Penting dan Berkontribusi dalam Penanggulangan Bencana

buserdirgantara7
105
×

Kasatpol PP Lutim, Linmas Berperan Penting dan Berkontribusi dalam Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini
Img 20230531 Wa0184

Luwu timur,– Dirgantara7. com | Kepala Satuan Polisi pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Luwu Timur, Indra Fawzy S.Ip, M.Si menegaskan bahwa Linmas memiliki peran penting dan berkontribusi besar serta bersinergi dengan berbagai pihak dalam penanggulangan bencana.

IMG-20230531-WA0183

Hal ini disampaikan Indra Fawzy saat menghadiri Rapat Kerjasama Antar Lembaga dan Kemitraan Dalam Penanggulangan Bencana Angkatan I yang di gelar oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Satpol-PP & Damkar Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (30/06/2023), di Hotel Ultima Horison, Makassar.

Menurut Indra Fawzy, kolaborasi lintas sektor sangat penting dalam penanggulangan bencana, terutama di Sulawesi Selatan yang merupakan daerah rawan bencana dimana hampir seluruh jenis bencana pernah terjadi di Sulawesi kecuali gunung meletus/berapi.

“Seluruh jenis bencana di Indonesia hampir pernah terjadi di provinsi Sulawesi Selatan, sampai kita ini disebut sebagai daerah rawan bencana bahkan dilintasi beberapa sesar,” terang Indra.

Ia menambahkan, tuntutan dan tanggung jawab dalam penanggulangan bencana semakin kompleks dan dinamis, ditambah adanya perubahan karakteristik kejadian bencana, menuntut adanya sinergitas antar lembaga dan kemitraan, tidak terkecuali peran Satpol-PP melalui Satlinmas yang keberadaanya hingga tingkat desa/kelurahan.

“Penanggulangan bencana tidak bisa hanya dilakukan salah satu institusi saja, makanya dikatakan bencana adalah urusan bersama. Di setiap tahap penanggulangan bencana, Satlinmas selalu andil dan bersinergi dengan berbagai pihak. Olehnya itu, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mempunyai peran penting dan sangat berkontribusi dalam penanggulangan bencana,” imbuh Indra Fawzy.

Untuk diketahui, Amanat Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 menjelaskan bahwa tugas Satlinmas adalah : Membantu dalam penanggulangan bencana; Membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat; Membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan; Membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu; dan Membantu upaya pertahanan Negara. (ikp-humas/kominfo-MuhJuari )

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458