Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Kemenko Polhukam RI Tegaskan,Terkait Penanganan Pengungsi Rohingya

buserdirgantara7
300
×

Kemenko Polhukam RI Tegaskan,Terkait Penanganan Pengungsi Rohingya

Sebarkan artikel ini
Img 20231129 Wa0137

Lhokseumawe Buserdirgantara7com — Rabu 29 November 2023. Tim Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN) Kemenko Polhukam RI, Kombes Pol. Dr. Benny M Saragih, S.I.K, M.Si bersama Brigjen Pol. Herman Sikumbang, M.M Baharkam Polri, ikut serta Masykur Ahli Satgas PPLN Bidang Pemerintahan Kemenko Polhukam juga didampingi tim Rudenim Medan, Donny Bahar, Kasi Registrasi Administrasi dan Pelapor, Brema Sitepu, Kasi Keamanan dan ketertiban, Delina Sitohang, serta IOM dan UNHCR Indonesia.

Kedatangan tim rombongan dari Jakarta ke Aceh terkait dengan koordinasi, sinkronisasi, dan Pengendalian Penaganan Pengungsi Rohingya, dalam hal ini bekerja sama antara Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mendukung kebijakan dari Perpres 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi di Indonesia.

Img 20231129 Wa0136Kunjungan dilakukan Pidie, Bireun, Lhokseumawe dan Aceh Utara, untuk pengecekan secara langsung terhadap sarana dan prasarana lokasi penampungan sementara pengungsi Rohingya.

Kombes Pol.Dr. Benny M. Saragih, S.I.K., M.Si. bersama Brigjen, Pol. Drs. Herman Sikumbang, M.M Baharkam Polri, saat dijumpai awak media Buserdirgantara7com di Hotel Great Sydney Lhokseumawe Aceh Rabu (29/11) Mengatakan, Kunjungan ini diinisiasikan oleh Menko Polhukam sebagai sat gas PPLN pusat dalam mengandeng beberapa kementrian berikut dengan juga organisasi dunia yang menangani pengungsi, kegiatan ini semua kami diganjal masalah.

” Sifatnya kami disini diganjal masalah apa kira-kira dimana kira-kira yang bisa, karna kita ngak tau apakah arus pengungsi kedepannya akan datang, atau tidak kita belum tau,” ungkap Kombes Benny.

Dalam hal ini awak media Buserdirgantara7com, menyingung beberapa pertanyaan untuk pemerintah daerah terkait penanganan pengungsi imigran Rohingya, Kombes Benny menuturkan, dalam kunjungan kita ini bersama tim sebagai amanah dari Perpres 125 tahun 2016 sudah jelas dikatakan dan Pemda harus siap, harus menyiapkan tempat.

Harapnya, Rohingya yang masih ngumpul dipinggir pantai untuk dikumpulkan ketempat yang lebih layak, dikarenakan kita liat masih kurang,” tutup Kombes Benny.

(Rd)