Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Kemlu Sambut Baik RI Jadi Tuan Rumah Confederation of Asean Journalist ke-20

buserdirgantara7
163
×

Kemlu Sambut Baik RI Jadi Tuan Rumah Confederation of Asean Journalist ke-20

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2022 10 08 17 08 33 36

Jakarta, – Dirgantara7.com | Panitia Pelaksana Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) melakukan pertemuan dengan Kementrian Luar Negeri RI (Kemlu). Pertemuan ini untuk menyampaikan persiapan yang telah dilakukan oleh Persatuan Wartawan Indonesia sebagai tuan rumah Sidang Umum ke-20 Wartawan ASEAN.

Pertemuan dilakukan oleh Ketua Panitia Pelaksana CAJ, Ahmed Kurnia Soeriawidjaja dengan Direktur Jenderal Informasi Publik Kementrian Luar Negeri Teuku Faizasya di Jakarta, Jumat (8/10/2022).

Sidang Umum ke 20 Wartawan ASEAN ini diketahui akan dilaksanakan di Kuta, Bali dari 12 hingga 15 Oktober 2022.

Pertemuan juga dihadiri Dewan Penasehat PWI Pusat Agus Sudibyo, Direktur Informasi dan Media Kementrian Luar Negeri Hartyo Harkomoyo dan Direktur Komunikasi dan Public Reletion PWI Pusat Mercys Charles Loho.

Ahmed menyampaikan bahwa panitia pusat dan panitia lokal sudah sangat siap untuk menyambut para tamu Delegasi Wartawan ASEAN. Para tamu delegasi ini diketahui akan mulai berdatangan pada awal pekan depan.

“PWI Pusat sengaja memilih Bali sebagai lokasi tuan rumah pelaksanaan Sidang Umum Wartawan ASEAN karena ini juga menjadi momentum bagi kita untuk menunjukan kepada dunia bahwa Bali sudah pulih pasca pandemi Covid-19,” kata Ahmed yang juga merupakan Ketua Bidang Luar Negeri PWI Pusat, dalam keterangan tertulis, Sabut (8/10/2022).

Menanggapi hal ini, Teuku Faizasyah menyambut baik Indonesia menjadi tuan rumah Sidang Umum Wartawan ASEAN yang ke 20 dan Persatuan Wartawan Indonesia sebagai pelaksananya.

Faizasyah mengatakan momen ini menjadi kesempatan untuk menunjukkan bahwa Indonesia bisa berperan besar dalam menjaga independensi dan menjadi fungsi kontrol yang baik.

“Saya berharap inilah saatnya bagi wartawan Indonesia untuk menunjukkan kepada Delegasi wartawan ASEAN bahwa Indonesia bisa berperan besar untuk menjaga independensi serta berkomitmen bersama pemerintah, meskipun media juga sebagai fungsi kontrol tapi kita harus memiliki semangat bersama untuk menunjukkan kepada negara lain bahwa Pemerintah Indonesia dan wartawan bisa bergandengan tangan menciptakan iklim yang baik dan damai bagi negara-negara di ASEAN,” ujar Faizasyah.

Sementara itu, Dewan Penasehat PWI Pusat Agus Sudibyo mengatakan dalam Sidang Umum ke-20 Wartawan Asean ini akan dilakukan juga “Deklarasi Bali” setelah secara resmi Presiden Confederation of ASEAN Journalist diserahkan kepada Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari sebagai Presiden CAJ.

“Banyak hal yang bisa dikolaborasikan bersama. Apalagi nanti tahun 2023 Indonesia akan menjadi Ketua dari Negara Negara Asean.

Tentu hal ini akan sangat menarik dan pas untuk bersinergi antara Presiden CAJ dan Ketua Negara ASEAN,” kata mantan Anggota Dewan Pers 2019-2022 ini.

(**)