Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Pastikan Berjalan Lancar, Pj Wali Kota Imran Tinjau Pelaksanaan Simulasi ANBK

buserdirgantara7
80
×

Pastikan Berjalan Lancar, Pj Wali Kota Imran Tinjau Pelaksanaan Simulasi ANBK

Sebarkan artikel ini
Img 20231023 Wa0096

Lhokseumawe, Buserdirgantara7com–, 23 Oktober 2023 – Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe Dr. Drs Imran, M.Si, MA.Cd didampingi Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taufik, S.Sos, MSP dan Kabag Prokopim Darius, S.Sn meninjau pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 5 Lhokseumawe dan SDN 4 Banda Sakti Lhokseumawe, Senin, (23/10/2023).

Img 20231023 Wa0095ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Pj Wali Kota Imran menyampaikan pentingnya pelaksanaan ANBK dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Lhokseumawe.

”ANBK itu langkah positif dalam dunia pendidikan. Ini memberikan peluang kepada siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dengan cara yang lebih adil dan objektif” Ujar Imran.

Peninjauan yang dilakukan pada hari ini dimaksudkan untuk memastikan simulasi pelaksanaan ANBK berjalan dengan baik.

“Kita ingin memastikan bahwa proses simulasi ANBK berjalan lancar sehingga siswa-siswa dapat merasa lebih siap saat menghadapi ujian sesungguhnya.” Sambungnya.

Imran juga menambahkan bawah Hasil ANBK akan difungsikan untuk memetakan mutu pendidikan, memberikan evaluasi kepada pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan, serta merumuskan langkah-langkah perbaikan dalam sistem pendidikan.

“Hasil ANBK bukan hanya sekadar angka, tetapi merupakan cerminan dari komitmen kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Evaluasi ini tentunya akan membantu kita memahami di mana kita berdiri, dan dari situ, kita dapat merencanakan tindakan konkret untuk meningkatkan sistem pendidikan di kota ini.” Tambahnya.

Selama kunjungan tersebut, Imran juga terlihat berinteraksi dengan siswa-siswa yang tengah mengikuti simulasi ujian ANBK. Beliau memberikan semangat dan dukungan kepada mereka serta mengingatkan pentingnya mengikuti ujian dengan jujur dan penuh usaha.

Sementara itu, Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Taufik, menyampaikan bahwa hari ini adalah langkah awal dalam proses persiapan yang intensif menuju pelaksanaan ANBK.

”Simulasi ini akan membantu siswa-siswa dan guru-guru untuk lebih memahami tata cara ujian, sehingga mereka dapat menghadapi ujian sesungguhnya dengan penuh keyakinan dan kesiapan.” Ujar Taufik.

Setelah menyelesaikan kunjungan lapangan, pelaksanaan simulasi ANBK hari ini berjalan dengan sangat baik dan lancar.

”Hasil penilaian kami, simulasi ANBK baik dan lancar tak ditemukan kendala apapun. Ini hasil kerja keras dan kerjasama semua pihak, termasuk guru, siswa, serta petugas teknis. Saya ucapkan terima kasih” Tutup Taufik. (ADM)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458