Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

PDAM Tirta Intan Garut Siapkan Antisipasi Kekeringan dengan Membenahi Infrastruktur

buserdirgantara7
114
×

PDAM Tirta Intan Garut Siapkan Antisipasi Kekeringan dengan Membenahi Infrastruktur

Sebarkan artikel ini
Img 20230602 Wa0077

Garut, Buserdirgantara7.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda Air Minum) atau PDAM Tirta Intan Garut telah melakukan berbagai upaya dengan membenahi infrastruktur dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya kekeringan di wilayahnya.

Direktur Utama Perumda Titra Intan Garut Dr H Aja Rowikarim, MAg menuturkan bahwa untuk mengantisipasi kekeringan, PDAM Tirta Intan Garut telah membenahi intake .Pembenahan itu dilakukan, kata dia, agar pada saat nanti kemarau posisi sumber mata air tetap terjaga.

“Kita juga menambah debit – debit air yang baru, memaksimalkan sumber-sumber yang ada overflow kita benahi termasuk limpasan limpasan nya kita benahi,”tutur H Aja Usai mengikuti Apel Gabung dalam Upacara Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Setda Garut, Jawa-Barat. Jum’at ,(02/062023).

Ia menerangkan, Beberapa debit debet baru disiapkan di beberapa tempat yang rawan air, seperti di Tarogong Kaler, kata Ia, akan suplai dari Samarang, kemudian untuk Perumahan Cempaka disuplai dari daerah Cilawu.

H Aja mengungkap bahwa pihaknya telah mempersiapkan pipa-pipa alternatif untuk mengantisipasi jika suatu saat ketika sumber debit air itu menurun.

“Kita juga membenahi jaringan-jaringan yang bocor untuk lebih mengefektifkan Agar tidak banyak air yang terbuang,”katanya.

Pihaknya juga, telah menyiapkan Armada tangki untuk memasok air terutama yang rawan kekeringan.

H Aja Mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi kemungkinan musim kemarau dengan menyiapkan penampungan untuk cadangan air.

“Kami mengimbau agar masyarakat membuat ground tank atau toren, tempat penampungan air untuk menyimpan cadangan air jika terjadi kemarau,”ujarnya.

Melalui perbaikan infrastruktur yang sedang dilakukan, PDAM Tirta Intan Garut diharapkan dapat menjaga pasokan air bersih kepada masyarakat, terutama saat musim kemarau tiba. Tutupnya,( Diky ).

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458