Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Pemdes Ciburuy Bayongbong Garut Bersama Warga Laksanakan Giat Kerja Bakti Bersihkan Sungai Baranang Siang

buserdirgantara7
255
×

Pemdes Ciburuy Bayongbong Garut Bersama Warga Laksanakan Giat Kerja Bakti Bersihkan Sungai Baranang Siang

Sebarkan artikel ini
Img 20230603 Wa0138

Garut,Buserdirgantara7.com – Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa-Barat.

Adapun kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu dan salah satunya adalah kerja bakti yang bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar aliran sungai Baranang siang yang sudah satu Minggu ini dilanda kekeringan. Maka untuk itu pembersihan akibat sampah dan meluapnya lumpur disungai tersebut, saat ini dilaksanakan pengerukan lumpur dengan alat seadanya yang di kerjakan secara gotong royong.

Seperti halnya di desa Ciburuy khususnya, kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya secara rutin tiap minggu atau tiap bulan di setiap hari atau di hari-hari yang lainnya.

Pantauan Buserdirgantara7.com Hari ini Pemerintah desa ( Pemdes ) Ciburuy bersama dengan warga lingkungan sekitar, kurang lebih jumlahnya ada 250 orang saat ini melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan sungai aliran Baranang siang, pasalnya. Disungai tersebut sudah tidak air yang mengalir dan banyaknya sampah juga di akibatkan adanya lumpur yang meluap, sehingga airnya airnyapun mengering sudah satu Minggu.

Pada saat Buserdirgantara7.com sengaja mewawancarai Kepala desa ( Kades ) Ciburuy, Dindin Saepudin. Dia mengatakan,
Sebagai tujuan dari diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah untuk membersihkan lingkungan atau sungai yang yang telah mengering selama satu Minggu , namun tak hanya itu, adanya kerja bakti berupa gotong royong swadaya masyakat ini.

“Ya saya selaku Kepada desa Ciburuy berharap agar Sungai aliran Baranang siang ini selalu asri dan nyaman bagi kita semua. Karena di musim kemarau tiba yang seperti ini banyak sampah dan lumpur meluap yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan tersebut, sedikit tidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor serta supaya saluran air tidak tersendat oleh sampah dan adanya lumpur yang meluap” ujar Dindin kepada Buserdirgantara7.com Sabtu,( 03/06/2023 ).

Menurutnya, selain untuk menjaga adanya kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberi kenyamanan,kami juga membina hubungan sosial bersama -sama dengan masyarakat khususnya di desa Ciburuy dan umumnya ke wilayah-wilayah yang lain.

” Karena saluran air Baranang siang in, bukan hanya kebutuhan untuk di desa kami saja melainkan bisa bermanfaat untuk desa-desa lain,” tandas Dindin. ( Diky )

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458