Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Pemerintah Kota Pandangsidempuan Gelar Seni Budaya Lintas Etnis

buserdirgantara7
42
×

Pemerintah Kota Pandangsidempuan Gelar Seni Budaya Lintas Etnis

Sebarkan artikel ini
Img 20231101 Wa0140

Padangsidimpuan (Sumut) – Buser Dirgantara 7com.- Pagelaran Seni Budaya Lintas Etnis digelar oleh Pemerintah Kota Padangsidimpuan di Stadion HM. Nurdin pada Senin (30/10/2023).

Img 20231101 Wa0139Tujuan dari pelaksanaan pagelaran seni ini adalah untuk melestarikan kebudayaan daerah dan juga menjadi sarana pengembangan potensi bakat, kreatifitas dan kecerdasan generasi muda agar bisa menjadi figur yang berperan mempromosikan kekayaan seni dan budaya.

Peserta pagelaran seni dan budaya lintas etnis Kota Padangsidimpuan Tahun 2023 yang mendaftar sebanyak 35 orang yang terdiri dari 9 etnis yaitu etnis Batak Simalungun, etnis Jawa, etnis Tionghoa, etnis Batak Karo, etnis Batak Toba, etnis Minang, etnis Nias, etnis Batak Mandailing, etnis Angkola.

Pagelaran seni budaya lintas etnis ini akan digelar mulai tanggal 30 s/d 31 Oktober 2023.

Plh. Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan, H. Rahuddin Harahap, SH, MH mengatakan nilai-nilai yang terkandung dalam seni budaya sangat relevan untuk dikembangkan menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa.

Menurut H. Rahuddin Harahap, SH, MH, seni budaya kita sarat dengan pesan dan ajaran yang berdaya guna untuk menangkal penetrasi budaya asing yang tidak atau kurang sesuai dengan jati diri kepribadian bangsa.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam seni budaya sangat relevan untuk dikembangkan menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa, karena seni budaya kita sarat dengan pesan dan ajaran yang berdaya guna untuk menangkal penetrasi budaya asing yang tidak atau kurang sesuai dengan jati diri kepribadian bangsa.” Tuturnya.

Acara kemudian dibuka secara resmi dengan pemukulan gong bersama dengan sembilan etnis yang ada di Kota Padangsidimpuan.

(Galung)