Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Pencegahan dan Mitigasi Bencana, Kelurahan Gudang Libatkan Para Pemuda

buserdirgantara7
118
×

Pencegahan dan Mitigasi Bencana, Kelurahan Gudang Libatkan Para Pemuda

Sebarkan artikel ini
Img 20230531 Wa0242

Bogor,–Dirgantara7.com | Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menggelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi bencana berbasis masyarakat dengan melibatkan ketua RT/RW dan unsur pemuda di Hotel Rizen Pajajaran, Rabu (31/5/2023).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Lurah Gudang, Firmansyah dengan melibatkan unsur RT/RW dan para pemuda.

“Kegiatan ini luar biasa, ini inovasi sekaligus semacam contoh bagaimana penerapan penanggulangan bencana dari kelurahan bersama masyarakat,” katanya.

Di Kota Bogor lanjut Dedie, dari data kebencanaan tahun sebelumnya terjadi sekitar 800 bencana yang terdiri dari banjir, longsor, kebakaran, angin puting beliung dan gempa bumi.

Kebencanaan kata Dedie, tidak bisa ditanggulangi sendiri oleh pemerintah. Dalam sisi pencegahan mitigasi bencana dan penanganan awal harus juga bisa diatasi oleh potensi yang ada di wilayah masyarakat.

“Dengan adanya pemberian materi dari BPBD, Damkar, tagana dan unsur lainnya, masyarakat bisa memetakan potensi bencana dan menanggulangi bencana untuk meminimalisir risiko dengan melakukan evakuasi sejak dini,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini ada berbagai materi yang disampaikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bogor, BPBD Kota Bogor dan Tagana Kota Bogor.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas mengapresiasi inisiasi yang dilakukan Lurah Gudang dalam kepeduliannya terhadap kebencanaan dengan turut serta melibatkan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Dengan pembentukan warga untuk kemandirian penanganan bencana harapannya agar kelurahan gudang menjadi wilayah tanggap bencana, karena memang kelurahan gudang menjadi kelurahan rawan bencana, mulai dari longsor dan kebakaran,” sebutnya.

Selain materi yang diberikan, para peserta juga diberikan pelatihan mitigasi dan simulasi penanganan bencana.

Lurah Gudang, Firmansyah menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan dukungan dari Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, BPBD Kota Bogor dan semua pihak.

“Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari arahan beliau saat menjadi inspektur upacara di hari kesiapsiagaan bencana. Kebetulan kami di kelurahan gudang siap, karena memang kelurahan gudang adalah kelurahan rawan bencana,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat gudang dengan adanya pemberian materi dari BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Tagana.

“Sehingga dengan dirangkulnya para pemuda pemudi gudang ini kita bisa tanggap bencana sehingga para pemuda bisa melindungi para orang tua dan juga meminimalisir sekecil mungkin dampak dari bencana,” katanya.

(Apud Saepudin)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458