Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Bersama Forkopimda Tanam 1000 Pohon dirangkai Mandre Saperra

buserdirgantara7
162
×

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Bersama Forkopimda Tanam 1000 Pohon dirangkai Mandre Saperra

Sebarkan artikel ini
Img 20230605 Wa0133

Luwu timur,– Dirgantara7. com | Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama seluruh stakeholder dalam hal ini Forkopimda Lutim, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD beserta Wakil Ketua I dan II DPRD, Ketua TP PKK dan DWP Lutim, Instansi Vertikal, Dunia Usaha dan Perbankandan melakukan penanaman 1000 pohon buah-buahan secara serentak pada 13 Zona yang ditetapkan, Senin (5/6/2023).

IMG-20230605-WA0134

Pohon buah-buahan yang ditanam berasal dari berbagai Jenis seperti Mangga, Durian, Duku, Lengkeng, Rambutan, Alpukat dan Manggis. Bibit pohon buah yang ditanam berasal dari partisipasi berbagai pihak baik dunia usaha, organisasi masyarakat serta SKPD lingkup Pemkab. Luwu Timur.

Penanaman 1000 pohon ini juga melibatkan berbagai stakeholder lainnya yakni ; para asisten dan staf ahli, para kepala OPD, Sekretaris, kabag, Camat, para ketua organisasi se-Lutim, Organisasi Wanita Lutim, IKA Unhas Lutim, Bank Sampah Lutim, para kabag, para kepala Fasyankes, Lurah, Ketua TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Lutim, kepala desa se-Lutim, Ketua BPD Desa se-Lutim, Kepala Sekola TK, SD, SMP, SMA se-Lutim, Perwakilan Siswa sekolah SMA dan SMK.

Kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia diawali dengan apel bersama di halaman kantor DPRD Luwu Timur dipimpin langsung Bupati Lutim, H. Budiman, yang berjalan kaki dari rumah jabatan ke lokasi Apel.

Pada kesempatan ini, Bupati Budiman menyerahkan hadiah dan piagam kepada pemenang jingle “PEDULI KI’ SAYA JAGA KI”, penyerahan piagam penghargaan kepada sponsor, penyerahan SK PPPK Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2022 dan penyerahan 400 buku Kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Luwu Timur.

Dalam arahannya, Bupati Budiman mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni 2023 ini sekaligus meneguhkan kembali program “Peduli Ki’, Saya Jaga Ki” yang setiap tanggal 5 dilakukan secara bersama-sama, yakni ; Gerakan Sehari Konsumsi Bahan Pangan Lokal Non Beras, Gerakan Sehari Tanpa Kemasan Plastik, Gerakan Sehari Tanpa Asap Rokok, Gerakan Sehari ke Kantor Tanpa Kendaraan Bermotor, Gerakan Membersihkan Lingkungan, Gerakan Menanam Sayuran dan Buah di Halaman Kantor, dan Gerakan Menanam Satu Pohon Durian di Setiap Rumah.

“Hari ini kita menanam 1000 pohon buah-buahan. Saya menitipkan seluruh pohon yang telah ditanam nantinya dapat dijaga dengan baik. Sehingga daerah ini dapat diteguhkan menjadi kawasan yang sangat peduli terhadap lingkungan,” katanya.

Kepada Seluruh ASN Lingkup Pemkab Lutim, Budiman berharap, program “Peduli KI, Saya Jaga KI’ dapat terus dijalankan secara konsisten serta mampu menjadi jangkar sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari ikhtiar untuk perbaikan-perbaikan di Lutim. Mengingat daerah ini baru 20 tahun menjadi daerah otonom, semoga ke depan kita dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Setelah apel pagi bersama, Bupati Lutim bersama Forkopimda menuju lokasi penanaman pohon di Zona Sembilan sekitar area Kantor Bapelitbangda, kemudian dilanjutkan dengan Manre Saperra dengan menu pangan lokal non beras di halaman Kantor Bupati Lutim. (hel/ikp-humas/kominfo-Muh Juari )

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458