Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Peringati HBN Ke-75 dan Kesiapan Nataru 2023/2024, Rutan Sigli Gelar Upacara

buserdirgantara7
107
×

Peringati HBN Ke-75 dan Kesiapan Nataru 2023/2024, Rutan Sigli Gelar Upacara

Sebarkan artikel ini
Img 20231219 114710

Sigli, Buserdirgantara7com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh menggelar Upacara hari Bela Negara dan Apel Kesiapan Nataru tahun 2023/2024, Selasa (19/12). Berlokasi di Halaman Rutan Sigli, upacara diselenggarakan dengan penuh khidmat dan diikuti oleh Pejabat Struktural dan seluruh pegawai.

A.Halim Faisal selaku Kepala Rutan Sigli yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Presiden Republik Indonesia mengatakan bahwa hari Bela Negara merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Img 20231219 114749“Tantangan kedepan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” demikian dibacakan sambutan Presiden RI.

Presiden dalam sambutannya mengatakan semangat Bela Negara bukan hanya tanggungjawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan sekecil apapun yang dilandasi cinta kepada Bangsa dan Negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

Img 20231219 114736Setelah membacakan amanat Presiden RI, Ka Rutan meminta seluruh jajarannya untuk merefleksikan diri masing-masing, dan mengaplikasikan seluruh pesan yang disampaikan oleh Presiden RI lewat sambutannya yakni memiliki sikap Bela Negara sebagai bagian dari perwujudan rasa Cinta Tanah Air Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mari kita kobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air, NKRI. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera,” tambahnya.

Kegiatan upacara dirangkaikan dengan dengan apel kesiapan menjelang Nataru.

“Melalui Apel kesiapan ini diharapkan dapat menjadi komitmen bersama untuk siap siaga dan waspada dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban didalam rutan berjalan kondusif selama Nataru,” Ucap Karutan Sigli, A.Halim Faisal.

“Pada pelaksanaan Nataru juga saya harap seluruh jajaran dapat mengimplementasikan 3 + 1 Kunci Pemasyarakatan PASTI. Hal ini sejalan dengan antisipasi meminimalisir segala potensi gangguan kamtib dengan meningkatkan fungsi intelejen, deteksi dini, bersinergi dengan APH lainnya, berantas narkoba dan back to basic,” Tutur A.Halim Faisal.

Lebih lanjut, Karutan menyampaikan bahwa pelaksanaan tugas dan fungsi pengamanan haruslah berjalan sesuai SOP yang berlaku dan lebih peka akan potensi kerawanan yang patut kita waspadai serta melakukan pemeriksaan secara ketat.

Pelaksanaan Upacara hari Bela Negara dan Apel Kesiapan Nataru tahun 2023/2024 berjalan dengan lancar dan khidmat serta ditutup dengan Pembacaan Doa dan foto bersama. (Rd)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458