Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Pj Wali Kota Imran Sambut Kunjungan Kerja Panglima Komando Armada I di Kota Lhokseumawe

buserdirgantara7
89
×

Pj Wali Kota Imran Sambut Kunjungan Kerja Panglima Komando Armada I di Kota Lhokseumawe

Sebarkan artikel ini
Img 20231214 Wa0234

Lhokseumawe, Buserdirgantara7com – Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Imran, menyambut dengan penuh kehormatan kunjungan kerja Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono, S.E., CHRMP bersama jajaran di Kota Lhokseumawe, Rabu (13/12).

Kunjungan ini dimulai dengan penyambutan Pangkoarmada I di Bandara Malikussaleh, di mana Imran bersama Komandan Lanal (Danlanal) Lhokseumawe, Letkol Laut (P) Andi Susanto, dan tokoh penting lainnya memberikan pengalungan bunga. Sebelumnya, Pangkoarmada I Achmad Wibisono juga telah melakukan kunjungan ke Kota Sabang dan Kota Banda Aceh.

Img 20231214 Wa0235Selanjutnya, Imran menggelar Peusijuek bagi Pangkoarmada Achmad Wibisono bersama istri di Aula Kantor Wali Kota Lhokseumawe dan dilanjutkan dengan pembahasan sejumlah isu strategis terkait keamanan dan kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan Pemerintah Kota Lhokseumawe.

Dalam sambutannya, Imran menyoroti jejak langkah kuat Kerajaan Samudera Pasai yang membentuk akar kekuatan maritim di Indonesia.

“Sesungguhnya kalau kita liat dari sejarah, kekuatan laut di Indonesia ini bisa dikatakan dari Samudera Pasai dulunya. Kemudian baru muncul Kerajaan Aceh. Dulunya Samudera Pasai ini menguasai Selat Malaka bahkan sampai dengan Semenanjung Malaysia,” ujar Imran.

Lebih lanjut, Imran mengungkapkan sejarah panjang Kota Lhokseumawe dalam membangun kekuatan laut, yang turut membentuk identitas dan kemajuan daerah ini.

“Lhokseumawe dan Aceh Utara menjadi pusat perdagangan dan pertukaran budaya yang vital. Dengan jalur maritim strategis, kota ini menjadi saksi bisu perkembangan perdagangan dan hubungan diplomatik pada masa lalu,” tambahnya.

Imran juga menyampaikan rasa syukur terhadap kontribusi positif terhadap keberadaan Danlanal Lhokseumawe dalam pembangunan wilayah tersebut. Ia mengapresiasi peran Danlanal dalam menjaga keamanan laut, mendukung kegiatan ekonomi maritim, dan memperkuat pertahanan nasional di daerah tersebut.

“Walaupun letaknya Lanal Lhokseumawe terletak di Aceh Utara Pak, Tapi koordinasinya dengan Pemko Lhokseumawe sangat luar biasa. Jadi bisa saya katakan kemitraan ini sangat baik hingga saat ini. Misalnya dengan memberikan informasi penting sehingga kami bisa mengantisipasi nantinya apabila ada masalah yang terjadi,” ujarnya.

Terakhir, Imran menyampaikan kembali apresiasinya terhadap kunjungan kerja Pangkoarmada Achmad Wibisono dan jajaran di Kota Lhokseumawe dan berharap dapat berjalan sesuai rencana dan membuka peluang kerjasama lebih erat antara TNI Angkatan Laut dan Pemerintah Kota Lhokseumawe di berbagai bidang.   (Rd)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458