Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

PNS Asal Kabupaten Garut Raih Anugerah PNS Berprestasi dari Pemprov Jabar

buserdirgantara7
131
×

PNS Asal Kabupaten Garut Raih Anugerah PNS Berprestasi dari Pemprov Jabar

Sebarkan artikel ini
Img 20231128 Wa0245

KOTA BANDUNG ,–Dirgantara7.com // Salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) asal Kabupaten Garut, menjadi salah satu dari sembilan PNS terbaik peraih Anugerah PNS Berprestasi yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Senin (27/11/2023).

Img 20231128 Wa0244

Kesembilan PNS berprestasi tersebut berasal dari pemda provinsi dan kabupaten kota di Jabar. Para PNS berhasil menjadi yang terbaik setelah melalui seleksi ketat yang kemudian menghasilkan para pemenang dari tiga kategori: Inovatif, Inspiratif, _The Future Leader_.

Salah satu penerima Anugerah PNS Berprestasi Tahun 2023 asal Kabupaten Garut, yang merupakan Pengawas SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Atin Kartinah, mewakili Kabupaten Garut dalam ajang Seleksi PNS Berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat. Ia meraih juara II untuk Kategori Inspiratif

Pada ajang ini, Atin mengintegrasikan unsur lingkungan dalam proses belajar. Atin membuktikan bahwa pendidikan yang berkelanjutan dan peduli terhadap lingkungan dapat membentuk karakter generasi muda dengan lebih baik.

Dengan memadukan antara pembelajaran dengan isu lingkungan, Atin mengungkapkan bahwa hal ini bisa membangun kesadaran para siswa dalam mencintai lingkungan.

“Kan kita lingkungan sekarang makin kritis ya, kalau misalkan generasi kita tidak kita bangun kesadarannya, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan plastik yang berlebihan, budayakan menanam. Itu mau kapan lagi?,” tuturnya usai mempresentasikan inovasi dirinya di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Jum’at (22/9/2023) yang

Keberhasilan Atin sebagai seorang PNS di lingkungan Pemkab Garut menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk mendukung pendidikan yang tidak hanya menghasilkan siswa yang cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik terhadap lingkungan.

“Kita kewajibannya mendidik bukan mengajar, kalau mendidik itu maknanya luas, bukan hanya mentransfer ilmu tetapi membentuk karakter iya kan, karakter itu kan termaksud bagaimana kita ingin generasi kita memiliki karakter yang bagus terhadap alam lingkungan yang ada di sekitarnya, lebih jauhnya lagi ya aktivis lingkungan,” ungkap Atin.

Seleksi ini melalui proses panjang, di mana pada tahap I sebanyak 270 PNS mendaftarkan diri. Pada Tahap ll proses seleksi administrasi yang lulus sebanyak 90 peserta. Tahap Ill presentasi dan wawancara menghasilkan sebanyak 30 peserta.

Pada tahap IV visitasi lapangan mengerucut menjadi 18 peserta, dan pada tahap V inilah berlangsung adu gagasan yang menghasilkan 9 peserta dari masing-masing kategori. Dari proses akhir itulah ditentukan tiga besar pemenang dari setiap kategori.

Secara umum yang dilihat dari PNS berprestasi selain kinerja baik juga loyalitas, kejujuran, serta dedikasi memajukan Jabar.

Penjabat Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso mengatakan, ajang penghargaan bertujuan memotivasi semua PNS baik di lingkungan Pemdaprov Jabar maupun pemda kabupaten/kota.

“Ini penghargaan yang diberikan oleh Pemprov Jabar untuk bisa membuktikan. Bahwa (PNS) di Provinsi Jawa Barat mampu memberikan yang terbaik, dengan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat,” ujar Taufiq Budi Santoso.

Taufiq mengingatkan agar para PNS memperkuat berkolaborasi untuk meningkatkan kinerja dan menjawab berbagai tantangan pelayanan publik dan pemerintahan.

“Mari kita giatkan lagi, tingkatkatkan lagi semangat, kegigihan dalam mengembangkan diri, bersilaturahim, berkoordinasi, menguatkan kolaborasi untuk pembanguan Jabar,” pungkas Taufiq.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jabar Sumasna menyebutkan pada 2023 tercatat jumlah PNS Provinsi Jabar sebanyak 46.625 orang, terdiri dari berbagai pangkat, golongan dan jabatan. Berdasarkan penilaian kinerja, PNS Jabar tahun 2022, meraih nilai 99,21 persen.

“Untuk Nilai Indeks Norma Standar, Prosedur, Kriteria (NSPK) 2021 Jabar meraih angka 80 dengan predikat Baik, 2022 nilai 92,44 dengan predikat Sangat Baik,” kata Sumasna.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman yang hadir pada acara menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Anugerah PNS Berprestasi Jabar 2023.

“PNS fundamental dalam jalannya pemerintahan sehingga perlu peningkatan kualitas. Melalui ajang ini para PNS bisa berkompetisi secara fair dengan sistem penilaian yang dijalankan,” ungkapnya.

Berikut para penerima Anugerah PNS Berprestasi Tahun 2023:

*Kategori Inovatif*

Juara 1:
Gin Gin Ginanjar – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung

Juara 2:
Prima Mayaningtias – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat

Juara 3: Erni Herdiani – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat

*Kategori Inspiratif:*

Juara 1:
Toto Warsito-Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Juara 2: Atin Kartinah- Dinas Pendidikan Kabupaten Garut

Juara 3: Tuti Ruswati -Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang

*Kategori The Future Leader:*

Juara 1: Nenden Tatin Maryati- Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat

Juara 2: Teguh Haris Pathon- Kecamatan Antapani

Juara 3: Zulfichar Kurniadi- Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat
(Ahmad deni)