Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Road Show Kebudayaan di Towuti, Budiman : Banyak Hal Yang Baru Kita Lihat

buserdirgantara7
96
×

Road Show Kebudayaan di Towuti, Budiman : Banyak Hal Yang Baru Kita Lihat

Sebarkan artikel ini
Img 20230823 Wa0014

Luwu timur,–Dirgantara7.com // Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty disambut dengan pengalungan karangan bunga yang diiringi tari Paddupa dan Parang-parang Suku Padoe, pada Road Show Kebudayaan di Lapangan Kecamatan Towuti, Selasa (22/8/2023).

IMG-20230823-WA0015

“Suasananya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Sangat luar biasa hari ini, saya tidak menyangka bahwa kegiatan road show kebudayaan akan sebesar ini. Kita bersyukur bisa hadir di tengah keberagaman, kita bisa hadir membuat kebaikan-kebaikan yang ada di Kabupaten Lutim yang kita cintai bersama,” kata Budiman.

Menurut Budiman, tentunya kearifan lokal ini harus senantiasa dijaga dan tetap dipertahankan agar identitas bangsa kita sendiri tidak terjebak dalam homogenisasi budaya yang dapat mengaburkan keunikan kita.

“Ini bagian dari pada upaya kita menjaga dan merajut keberagaman itu dan kita doakan Insha Allah di tanggal 23 Januari 2024 kita akan menjadi tuan rumah Hari Perjuangan Rakyat Luwu dan kita gagas festival budaya di sana,” bebernya.

Budiman juga mengatakan bahwa, road show kebudayaan serasa seperti ulang tahun. Ia kemudian mengapresiasi camat, panitia pelaksana, TNI, Polri, seluruh tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Towuti serta bebagai pihak terkait yang telah bersungguh-sungguh menyiapkan dan menjaga tertibnya kegiatan ini.

“Ini merupakan suatu kekuatan besar untuk membangun Kabupaten Lutim. Tadi kita sudah melihat semua dengan antusiasme, semangat yang besar di tengah terik matahari tetapi karena rasa kebersamaan itu, kolaborasi yang mematahkan semua panasnya hari ini,” tambahnya.

Terakahir, Budiman menyampaikan rasa syukurnya bisa hadir bersama-sama di acara tersebut, yang tentunya dalam menunjang visi Lutim berkelanjutan, lebih maju berlandas nilai agama dan budaya.

“Untuk itu, terima kasih banyak atas partisipasi kita semua. Alhamdulillah seluruh indikator makro semakin membaik. Mari kita saling mendoakan karena tidak mungkin satu dua orang saja bekerja, daerah ini bisa maju kalau kita bersama-sama,” pungkasnya.

Dalam Road show kebudayaan di Kecamatan Towuti itu, melibatkan 3000 orang dalam Pawai Budaya yang mengenakan beragam pakaian adat Nusantara, meliputi; Desa, tokoh agama, masyarakat, instansi, dan sekolah se-Kecamatan Towuti.

Berbagai pentas seni juga ditampilkan dan disaksikan langsung oleh Bupati Lutim beserta Ketua TP PKK Lutim, Forkopimda, Asisten dan Staf ahli, Camat Towuti beserta Ketua TP PKK Kecamatan, Unsur Tripika, para Kepala OPD, kemudian ditutup dengan Tari Mori Ringgo dan Dero. (hel/ikp-humas/kominfo-MuhJuari )

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458